Dark/Light Mode

Hadapi Tantangan Ekonomi Global Di 2023, Ini Tips Berinvestasi Untuk Pebisnis

Sabtu, 7 Januari 2023 11:09 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Melalui digitalisasi, logistik, dan manufaktur maju diyakini para pemimpin bisnis untuk menjadikan perekonomian ASEAN tangguh dan aman dari tantangan global.

Hal ini dikemukakan para pebisnis saat mengisi webinar Bangkok Bank-PermataBank "Bersiap menghadapi tantangan di tahun 2023".

Baca juga : Jokowi Happy Investor Didominasi Anak Muda

Seperti disampaikan Chief Executive Officer Banpu Somruedee Chaimongkol, ASEAN kini telah menjadi hub internasional bagi sektor manufakturing, didorong oleh peningkatan investasi dan pertumbuhan produk domestik bruto yang stabil.

"Kita berada di era yang tidak pernah normal. Guna bertahan dalam jangka panjang, pelaku bisnis wajib menanamkan paradigma 'never normal' agar dapat memetik manfaat dari disrupsi pemikiran ini," ujar Somruedee yang juga pemimpin bisnis raksasa energi di Thailand itu.

Baca juga : HUMI Siap Hadapi Tantangan Industri, Ini Rahasianya

Menurutnya mengadopsi pola pikir yang 'tidak akan pernah normal kembali' untuk memungkinkan mereka memanfaatkan kekuatan disruptif saat menghadapi badai ekonomi.

Dia juga menyarankan pelaku bisnis untuk fokus dan berhati-hati dalam keuangan dan tata kelola yang baik, mengidentifikasi peluang regional yang muncul, seperti logistik dan manufaktur maju, dan menyarankan mereka dapat mengubah krisis menjadi peluang.

Baca juga : Pastikan Harga Pangan Stabil Di Nataru 2023, Ganjar Terus Gencarkan Operasi Pasar

"ASEAN meningkatkan proses produksinya ke teknologi Industri 4.0 seperti robotika, pencetakan 3D, dan digitalisasi industri yang lebih luas. Hal ini memberikan peluang bagi perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya, mendiversifikasi rantai pasokannya, dan membangun jaringan di pasar Asia Tenggara," ujar Somrudee 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.