Dark/Light Mode

Survei BI Catat Keyakinan Konsumen Terhadap Ekonomi Pada Desember 2022 Meningkat

Senin, 9 Januari 2023 15:50 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Desember 2022 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

“Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Desember 2022 sebesar 119,9, lebih tinggi dibandingkan 119,1 pada November 2022,” ungkap Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam keterangan, Senin (9/1).

Menguatnya keyakinan konsumen pada Desember 2022 didorong oleh Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) yang tercatat meningkat pada seluruh komponen pembentuknya, terutama Indeks Penghasilan Saat Ini. Sementara, Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) tetap terjaga, dengan peningkatan terjadi pada Indeks Ekspektasi Penghasilan.

Baca juga : Sharp Akan Menghadirkan Teknologi Terbaru Pada Pameran CES 2023 di Amerika

Meningkatnya optimisme konsumen pada Desember 2022 didorong oleh peningkatan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini yang tercermin dari Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) tercatat sebesar 112,4 lebih tinggi dari 110,3 pada bulan sebelumnya.

Sementara ekspektasi konsumen terhadap ekonomi ke depan masih berada dalam zona optimis (>100) yaitu sebesar 127,3, walaupun tidak setinggi bulan sebelumnya.

Secara triwulanan, IKK triwulan IV 2022 berada pada area optimis pada level 119,7, lebih rendah dibandingkan 121,7 pada triwulan III 2022, namun lebih tinggi dibandingkan 116,8 pada triwulan IV 2021. Erwin mengatakan, melemahnya keyakinan konsumen pada triwulan IV 2022 disebabkan terutama oleh menurunnya seluruh komponen pembentuk IEK.

Baca juga : Ditopang Industri Bahan Kimia, Level Ekspansi IKI Desember Naik

Pada Desember 2022, keyakinan konsumen terpantau meningkat dibandingkan bulan sebelumnya pada hampir seluruh kategori pengeluaran responden.

“Kenaikan tertinggi tercatat pada responden dengan pengeluaran lebih dari Rp 5 juta. Sementara itu berdasarkan usia, IKK Desember 2022 tertinggi terdapat pada kelompok responden berusia 31-40 tahun,” terangnya.

Dari sisi lapangan kerja, optimisme responden terhadap ketersediaan lapangan pekerjaan pada Desember 2022 terindikasi meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. Indeks tercatat meningkat pada seluruh kategori pendidikan, kecuali pada responden dengan pendidikan pasca sarjana. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.