Dark/Light Mode

Dibuka Kemenhub Tahun Ini Di Wilayah 3T

BKS: 38 Rute Tol Laut Bikin Harga Pangan Terjangkau

Selasa, 10 Januari 2023 06:50 WIB
Dibuka Kemenhub Tahun Ini Di Wilayah 3T BKS: 38 Rute Tol Laut Bikin Harga Pangan Terjangkau

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka 39 rute tol laut tahun ini. Langkah itu dilakukan untuk mewujudkan harga pangan yang terjangkau di daerah pelosok.

Menteri Perhubungan (Men­hub) Budi Karya Sumadi mem­beri kabar baik di awal tahun. Kata dia, Kemenhub baru saja melakukan pelepasan perdana kapal tol laut tahun ini yaitu, KM Kendhaga Nusantara 7.

“Itu wujud komitmen Pemerintah agar harga bahan pokok di wilayah Tertinggal, Terluar, Terdepan dan Perbatasan (3TP) semakin terjangkau,” kata BKS-sapaan akrab Budi Karya Suma­di, dikutip dari akun Instagram pribadinya, kemarin.

Baca juga : Sandiaga Uno: Tahun Ini, Santri Digitalpreneur Buka 1,1 Juta Lapangan Kerja

BKS memastikan, 39 rute tersebut tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

“Semoga dengan adanya gebrakan baru ini, kami bisa memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” harapnya.

Eks Dirut Angkasa Pura ll ini mengatakan, kegiatan penye­lenggaraan kewajiban publik angkutan tol laut anggaran 2023 ada 39 trayek.

Baca juga : Presiden Minta Kepala Daerah DIY Kendalikan Harga Pangan dan Inflasi

Penugasan sebanyak 20 trayek. Yang dilakukan oleh PT Pelni 11 trayek. Kemudian, PT ASDP Indo­nesia Ferry sebanyak 5 trayek dan PT Djakarta Lloyd ada 4 trayek.

Ditambah dengan pelelangan umum kepada operator swasta sebanyak 19 trayek.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Arif Toha mengaku, masih terjadi ketim­pangan antara muatan berangkat dan muatan balik.

Baca juga : Cari Cemilan Enak? Ini 5 Rekomendasi Makanan Harga Terjangkau

Berdasarkan data Kemenhub tahun 2022, muatan berangkat angkutan Tol Laut ada 33 trayek yang dilayani mencapai 20.000 twenty foot equivalent per units (TEUs). Namun, muatan baliknya baru mencapai 6.600 TEUs.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.