Dark/Light Mode

Bos CIMB Niaga Finance Yakin Pembiayaan Otomotif & Kendaraan Listrik Naik Signifikan Di 2023

Selasa, 10 Januari 2023 16:09 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Direktur PT CIMB Niaga Auto Finance (CIMB Niaga Finance) Ristiawan Suherman meyakini, tahun ini pertumbuhan penjualan sektor otomotif akan terus positif. Hal tersebut tentunya akan berdampak bagi pembiayaan kendaraan motor di CIMB Niaga Finance.

“Pertumbuhan penjualan otomotif yang baik secara nasional saat ini mempunyai faktor yang positif untuk Perseroan,” ucapnya dalam acara Paparan Publik Penawaran Umum Sukuk Wakalah Bi Al-Istitsmar I CIMB Niaga Auto Finance Tahun 2023, Selasa (10/1).

Baca juga : Pengamat INDEF Dukung Pemberian Insentif Kendaraan Listrik

Tahun lalu, Pemerintah telah memberlakukan diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) sebagai program pemulihan industri otomotif untuk kendaraan bermotor, yang berdampak pada kenaikan penjualan kendaraan bermotor roda empat di tahun 2021 dan 2022.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat penjualan kendaraan bermotor roda empat dari pabrik ke dealer tumbuh 21 persen dari 393.466 unit pada semester 1 tahun 2021 menjadi 475.030 unit di semester 1 tahun 2022.

Baca juga : Insentif Kendaraan Listrik Harus Tepat Sasaran

Kebijakan PPnBM ini juga turut berdampak positif kinerja Perseroan di mana CIMB Niaga Finance dapat menyerap permintaan pasar yang lebih tinggi untuk kendaraan bermotor roda empat baru di sepanjang tahun 2022, dan juga potensi peningkatan penjualan kendaraan bermotor roda empat bekas di tahun-tahun selanjutnya.

Selama pandemi Covid-19 pada 2020-2022 sebut Ristiawan, CIMB Niaga Finance mencatat pembiayaan selama tiga tahun tumbuh hingga dua kali lipat. Di mana pembiayaan kendaraan tumbuh dari Rp 4,5 tiliun menjadi Rp 8,8 triliun per Juni 2022.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.