Dark/Light Mode

Komit Percepat Penghapusan Kemiskinan Ekstrem, Kemenkop UKM Beberkan Langkah Strategis

Selasa, 10 Januari 2023 19:48 WIB
Foto: Dok. Kemenkop UKM
Foto: Dok. Kemenkop UKM

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) berkomitmen untuk memberikan fasilitasi akses pembiayaan, akses pasar, serta pendampingan dan pelatihan bagi koperasi dan usaha mikro dalam meningkatkan pendapatan keluarga miskin ekstrem. Sehingga diharapkan pada 2024 tingkat kemiskinan ekstrem mencapai nol persen.

Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM Yulius mengatakan, komitmen tersebut sebagai tindak lanjut Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 04 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.

Baca juga : Wamenag: Peran Perempuan Dalam Islam Beda Dengan Women Liberation Barat

Upaya penghapusan kemiskinan ekstrem yang dilaksanakan oleh pihaknya tidak secara langsung kepada masyarakat miskin ektrem.

“Namun dilakukan secara langsung kepada masyarakat pelaku usaha mikro, dengan pendekatan kelompok, sentra, kluster dan atau yang tergabung dalam wadah koperasi,” sebutnya dalam keterangan resmi, Selasa (10/1).

Baca juga : TNP2K Dan IBER Gelar Diskusi Bahas Penghapusan Kemiskinan Ekstrem

Adapun bisnis proses Pemberdayaan Masyarakat di Wilayah Prioritas Kemiskinan Ekstrem dimulai dari tahap Koordinasi dengan Kemenko PMK, K/L lain sesuai Inpres Nomor 4 Tahun 2022, serta stakeholder lainnya.

Kemudian pemetaan lokasi prioritas, dalam hal ini diprioritaskan pada 48 kabupaten/kota di 8 provinsi, pemilihan target lokasi ini disesuaikan dengan tingkat kemiskinan dan potensi lokal yang ada di lokasi tersebut.

Baca juga : Komitmen Menteri Erick Kepada UMKM Jabar Sangat Strategis Mengatasi Resesi

"Setelah ditentukan lokasinya, selanjutnya ialah pendampingan dan pelatihan, serta pemberian fasilitasi akses pembiayaan dan fasilitasi akses pasar. Pada tahap terakhir ialah monitoring dan evaluasi kegiatan," jelas Yulius.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.