Dewan Pers

Dark/Light Mode

BSI Bersama BSI Maslahat Resmikan Desa Binaan Di Lombok Tengah

Sabtu, 14 Januari 2023 17:59 WIB
Foto: Dok. BSI
Foto: Dok. BSI

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) bersama BSI Maslahat meresmikan Desa Binaan BSI di Desa Lantan dan Desa Muncan, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Desa binaan tersebut diharapkan mampu memperkuat ekonomi lokal dan meningkatkan ekonomi masyarakat Desa.

Direktur Eksekutif BSI Maslahat Sukoriyanto Saputro berharap, adanya implementasi program Desa BSI di dua desa yaitu Desa Lantan dan Desa Muncan diharapkan bisa mengurangi penggunaan pestisida kimia sintetis dan pupuk kimia.

Berita Terkait : Maucash Ajak Masyarakat Kembangkan Usaha Dengan MauModal

“Selain itu, diharapkan program ini juga bisa mendukung pengembangan pertanian padi ramah lingkungan dengan memfasilitasi petani dalam peningkatan kapasitas melalui kegiatan pelatihan dan studi banding,” ujar Sukoriyanto dalam keterangan resmi, Sabtu (14/1).

Desa Lantan dan Desa Muncan dipilih menjadi lokasi yang mendapat bantuan program karena memiliki potensi pertanian padi yang masih dapat dikembangkan dengan model klaster. Model klaster dalam program ini mengusung konsep pengembangan sumberdaya pertanian padi di desa tersebut dilakukan dari Hulu sampai Hilir.

Berita Terkait : Ganjar Pranowo Kian Tancap Gas Entaskan Kemiskinan Di Jateng

Pada aspek Hulu BSI dan BSI Maslahat membantu penguatan sistem budidaya pertanian padi melalui bantuan sarana produksi. Seperti pupuk, benih unggul dan lainnya sehingga diharapkan dapat memberikan hasil yang optimal.

Sedangkan pada aspek Hilir, BSI dan BSI Maslahat memfasilitasi pembangunan unit pengolahan beras atau RMU (rice milling unit) yang digunakan oleh kelompok tani untuk mengolah hasil panen.
 Selanjutnya