Dark/Light Mode

Mendag Zulhas Tegaskan Komitmen Turunkan Harga Kedelai Jadi Rp 11.000 per Kg

Jumat, 20 Januari 2023 20:24 WIB
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. (Foto: Biro Humas Kemendag).
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. (Foto: Biro Humas Kemendag).

 Sebelumnya 
Secara terpisah Plt Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Kasan mengatakan program penggantian selisih harga pembelian sebelumnya merupakan upaya pemerintah dalam menjaga stabilisasi harga kedelai di tingkat perajin tahu dan tempe serta menjaga keberlangsungan usaha mereka.

"Pemerintah melalui Kemendag memberikan bantuan penggantian selisih harga pembelian kedelai sebesar Rp 1.000 per kilogram kepada perajin melalui Kopti," ujarnya.

Baca juga : Mendag Zulhas Pastikan Stok Dan Harga Bapok Stabil Jelang Tahun Baru 2023

Kasan menjelaskan Kopti membeli kedelai dari Perum Bulog dengan harga pembelian di tingkat importir dikurangi Rp1.000 per kilogram.

Selisih Rp 1.000 per kilogram dibebankan kepada pemerintah melalui APBN.

Baca juga : Mampu Tingkatkan Ekonomi, Airlangga Berpeluang Jadi Suksesor Jokowi

"Jika harga kedelai di tingkat importir sebesar Rp 13.000 per kilogram, maka Kopti dapat membeli kedelai sebesar Rp 12.000 per kilogram ke Perum Bulog. Perum Bulog bekerja sama dengan importir untuk penyediaan kedelai bagi perajin," kata Kasan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.