Dark/Light Mode

Hadapi Tantangan Ekonomi Tahun Ini

Pemerintah Siapkan 3 Primadona Ekspor

Sabtu, 21 Januari 2023 06:30 WIB
Menteri Koordinator (Men­ko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Antara).
Menteri Koordinator (Men­ko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Antara).

 Sebelumnya 
Pengamat dari Center of Re­form on Economics (Core) Indo­nesia Yusuf Rendy mengatakan, berbagai kebijakan yang sudah disiapkan Pemerintah harus benar-benar dijalankan dengan mengedepankan selektivitas dan kehati-hatian.

Menurutnya, pelambatan eko­nomi global akibat perang Rusia dengan Ukraina, krisis pangan serta energi dan inflasi yang tinggi, masih jadi tantangan terbesar bagi Pemerintah di tahun ini.

Baca juga : Tak Lagi Dibantarkan, Lukas Enembe Kembali Jalani Penahanan Di Rutan KPK

“Karena itu, kebijakan yang tepat jadi salah satu resep agar perekonomian Indonesia bisa tetap tumbuh positif sesuai tar­get,” kata Yusuf kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Hilirisasi yang digalakkan Pemerintah tahun ini, lanjut Yusuf, juga menjadi cara efektif menekan ketergantungan kita akan ekspor komoditas dan ba­rang mentah.

Baca juga : BKI Antisipasi Tantangan Ekonomi Tahun 2023

“Jika terjadi resesi global, per­mintaan turun, harga komoditas ikut mengalami penurunan. Itu menjadi salah satu tantangan yang antisipasinya harus sudah disiapkan sejak saat ini,” saran­nya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.