Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jadi Dirjen Imigrasi

Silmy Karim Mau Percantik Gerbangnya Indonesia

Kamis, 5 Januari 2023 06:40 WIB
Menkumham Yasonna Laoly (tengah) berjabat tangan dengan pejabat baru Dirjen Imigrasi Silmy Karim (kiri) dan pejabat lama Plt Dirjen Imigrasi Widodo Ekatjahjana usai pelantikan Dirjen Imigrasi Kemenkumham, di Gedung Graha Pengayoman, Kemenkumham Jakarta, kemarin.
Menkumham Yasonna Laoly (tengah) berjabat tangan dengan pejabat baru Dirjen Imigrasi Silmy Karim (kiri) dan pejabat lama Plt Dirjen Imigrasi Widodo Ekatjahjana usai pelantikan Dirjen Imigrasi Kemenkumham, di Gedung Graha Pengayoman, Kemenkumham Jakarta, kemarin.

RM.id  Rakyat Merdeka - Silmy Karim mengemban amanah baru. Kemarin, mantan Dirut Krakatau Steel ini dilantik menjadi Dirjen Imigrasi. Silmy bertekad, dalam menjalankan tugas barunya ini, dia akan mempercantik gerbangnya Indonesia.

Pelantikan Silmy digelar di Gedung Kemenkumham, kemarin. Pelantikan dipimpin Menkumham Yasonna H Laoly.

Pelantikan Silmy ini terlihat sangat istimewa, karena bertabur pejabat penting dan juga para bos BUMN. Yang hadir dalam pelantikan ini, antara lain Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Wamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej, Wamenhan Muhammad Herindra, Anggota I BPK Nyoman Adhi Suryadnyana, Kabareskrim Komjen Agus Andrianto, Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto, Wakil Ketua DPD Sultan Najamuddin, serta sejumlah pimpinan dari Komisi III dan VI DPR.

Dari jajaran bos BUMN, hadir Dirut BNI Royke Tumilaar, Dirut Bank Mandiri Darmawan Junaidi, Dirut Angkasa Pura I Faik Fahmi, Dirut Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.

Baca juga : Lantik Dirjen Imigrasi, Yasonna Minta Silmy Berantas Pungli

Hadir juga mantan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, mantan Wakil Kepala BIN Ma'ruf Sjamsoeddin, pejabat BIN, Direksi PT Pindad, serta para Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kemenkumham.

Prosesi pelantikan dimulai pukul 10:15 WIB. Pembawa acara mempersilakan Yasonna naik ke atas podium untuk membacakan Keputusan Presiden (Keppres) pengangkatan Silmy sebagai Dirjen Imigrasi yang ditandatangani Presiden Jokowi, 15 Desember 2022.

Usai pembacaan Keppres, Yasonna menuntun Silmy membacakan sumpah jabatan. "Bersediakah Saudara Silmy Karim menjadi Dirjen Imigrasi?" tanya Yasonna. "Bersedia," sambut Silmy, Karim yang berdiri di seberang Yasonna, yang mengucapkan sumpah jabatan di bawah Al-Quran.

Selesai sumpah jabatan, berikutnya Yasonna membacakan kata-kata pelantikan. Yasonna bilang, tugas keimigrasian saat ini semakin berkembang dan dinamis sehingga menuntut seluruh jajaran untuk mampu beradaptasi, bekerja lebih baik lagi, dan inovatif sehingga memberikan percepatan dalam pelayanan keimigrasian.

Baca juga : Jadwal SIM Keliling Bekasi 3 Januari Hadir Di Polsek Bantar Gebang

Untuk mencapai tujuan-tujuan dimaksud, Yasonna memerintahkan kepada Silmy dan jajaran imigrasi untuk melakukan enam langkah penting.

Pertama, seluruh jajaran imigrasi harus memberikan atensi penuh dan segera menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi sehubungan dengan akan diberlakukannya kebijakan Golden Visa di Indonesia.

“Langkah ini diharapkan dapat mendatangkan para investor dan orang-orang yang memiliki talent, termasuk wisatawan mancanegara ke Indonesia,” kata politisi PDIP ini.

Kedua, soal peningkatan pelayanan publik, khususnya visa on arrival (VOA) dan kartu izin tinggal terbatas (KITAS) yang memudahkan, sebagaimana arahan Presiden Jokowi.

Baca juga : Terpilih Jadi Dirjen Imigrasi, Silmy Karim Punya Harta Rp 208,8 Miliar

Ketiga, jajaran imigrasi melakukan berbagai terobosan dalam rangka efisiensi dan meminimalisir pungli.

Keempat, menyiapkan petugas imigrasi dan infrastruktur dalam rangka pengembangan pelayanan keimigrasian.

Kelima, imigrasi harus berpedoman pada tata nilai Kemenkumham yaitu Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif (PASTI) dan core value ASN yaitu BerAKHLAK.

Keenam, seluruh jajaran imigrasi harus mencermati dan mempelajari Perppu Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.