Dark/Light Mode

Jawab Kebutuhan Digitalisasi

Sampoerna University Bangun Sistem Perpustakaan Digital Ramah Lingkungan Di Sekolah Jakarta Dan Cirebon

Kamis, 5 Januari 2023 13:05 WIB
Penyerahan plakat kerja sama dari Rektor Sampoerna University Dr. Wahdi Yudhi (kiri) kepada Kepala Sekolah SMPN 174 Jakarta Drs. Kuslani. (Foto: Sampoerna University)
Penyerahan plakat kerja sama dari Rektor Sampoerna University Dr. Wahdi Yudhi (kiri) kepada Kepala Sekolah SMPN 174 Jakarta Drs. Kuslani. (Foto: Sampoerna University)

RM.id  Rakyat Merdeka - Institusi pendidikan berstandar internasional, Sampoerna University melalui program studi Fakultas Teknik dan Teknologi kembali menghadirkan inovasi solutif mendukung perkembangan SDM sekolah dengan meluncurkan sistem otomasi perpustakaan digital.

Berbasis ramah lingkungan dengan mengaplikasikan energi terbarukan, sistem perpustakaan digital ini hadir di dua sekolah binaan, yaitu SMAN 6 Cirebon dan SMPN 174 Jakarta.

Program ini merupakan bentuk komitmen seluruh sivitas universitas dalam pengabdian masyarakat menggunakan kompetensi profesi yang dimiliki. Gal ini disampaikan Dekan Fakultas Teknik dan Teknologi Sampoerna University Surya Danusaputro Liman. 

Baca juga : Gelar Pelatihan Digital, Sandination Cianjur Pastikan Ciptakan Lapangan Pekerjaan Baru

"Merupakan tanggung jawab Universitas untuk terus menghadirkan kegiatan inovatif demi kebaikan manusia dalam mewujudkan pelaksanaan nilai-nilai Tri Dharma Sampoerna University," ujar Surya, dalam siaran pers, Kamis (5/1). 

"Dengan adanya sistem otomasi perpustakaan di dua sekolah binaan ini harapannya akan meningkatkan SDM pengelolaan perpustakaan sekolah serta mampu memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik," imbuhnya. 

Menariknya, perpustakaan digital yang diterapkan di sekolah-sekolah ini menggunakan energi terbarukan dari panel surya, sehingga tidak membebani listrik PLN yang umumnya dipakai.

Baca juga : TPA Sampah Banjarbakula: Ramah Lingkungan, Satu-satunya Di Kalimantan

Panel surya ini dipasang di atap gedung sekolah sehingga dapat menghasilkan listrik yang dibutuhkan oleh mesin server.

Listrik yang dihasilkan kemudian disimpan dalam baterai Li-ion yang dapat diisi ulang, sehingga mendukung pengoperasiaan teknologi mikrokomputer untuk perpustakaan.

Di SMAN 6 Cirebon, sejumlah guru dibekali dengan kegiatan seminar bertajuk "Pendidikan Pengenalan Dunia Insinyur Dan Teknologi Pada Aplikasi Energi Baru dan Terbarukan" dan "Belajar Fisika Dan Matematika Melalui Simulasi Web" sebelum sistem perpustakaan itu diluncurkan.

Baca juga : Sahabat Ganjar Akan Bangun Perpustakaan Digital Terbesar Se-Indonesia

Sementara para guru, pustakawan, dan siswa di SMPN 174 Jakarta mendapatkan pengetahuan dan pelatihan melalui seminar dengan topik "Netiquette, Drone Technology, Renewable Energy, Education in Industrial Revolution 4.0".

Wakil Kepala SMAN 6 Kota Cirebon Bidang Humas Endah Tresia Sudarman menyambut positif inisiatif ini.

"Sistem perpustakaan digital ini akan membuat proses pengolahan data koleksi perpustakaan di sekolah kami menjadi lebih cepat dan mudah, sehingga sangat membantu kami dalam menghadirkan pelayanan yang semakin efisien nantinya,” ungkapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.