Dewan Pers

Dark/Light Mode

Penggunanya Tembus 726.294, Jumlah Nama Domain .ID Tertinggi Di Asia Tenggara

Rabu, 25 Januari 2023 20:03 WIB
Paparan Kinerja PANDI. (Foto: Dwi/RM)
Paparan Kinerja PANDI. (Foto: Dwi/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) mencatat, jumlah nama domain .ID menjadi yang tertinggi di Asia Tenggara dengan jumlah pengguna sebanyak 726.294 per 31 Desember 2022. 

“Jumlah nama domain .ID resmi menjadi jumlah nama domain tertinggi yang ada di Asia Tenggara, mengalahkan domain .vn, .my dan lain-lain,” ungkap Ketua PANDI Yudho Giri Sucahyo dalam konferensi pers paparan kinerja di Jakarta, Rabu (25/1).

PANDI juga mencatat, peningkatan terbesar terjadi pada jumlah pengguna domain BIZ.ID dengan peningkatan hampir 500 persen dari yang sebelumnya 3.164 pada tahun 2021 menjadi 18.846 pada tahun 2022.

Berita Terkait : Nama Mahfud Menggema Di Musra VII Banten

Sementara, peningkatan terbesar kedua terjadi pada jumlah nama domain MY.ID yang naik lebih dari 2 kali lipat, dari yang sebelumnya 127.023 pada tahun 2021 menjadi 279.576 atau meningkat sekitar 120 persen.

“Peningkatan jumlah nama domain ini adalah buah dari hasil kerja keras PANDI dalam mempromosikan nama domain .ID khususnya BIZ.ID dan MY.ID melalui berbagai event/sosialisasi/kompetisi yang melibatkan para pelaku usaha UMKM dan berbagai elemen yang ada di masyarakat,” katanya.

Selain berbagai event/sosialisasi/kompetisi yang dilakukan, penyesuaian harga nama domain MY.ID juga berdampak pada peningkatan jumlah pengguna domain MY.ID.

Berita Terkait : Mau Tembus Rp 15.400, Rupiah Makin Merana Pagi Ini

Diungkapkan Yudho, pada tahun 2022, PANDI juga terus melakukan beberapa langkah peningkatan infrastruktur demi meningkatkan layanan PANDI. Seperti penambahan node DNS, peningkatan infrastruktur Sistem Registri Mandiri (SRM) untuk menampung 2 juta nama domain, penetration test pada sistem dan aplikasi PANDI, penambahan perangkat firewall, dan lain-lain.

Yudho menambahkan, PANDI akan terus menggenjot pertumbuhan nama domain .ID khususnya domain BIZ.ID yaitu salah satunya dengan cara melakukan penurunan harga yang cukup drastis pada nama domain BIZ.ID. 

Terutama dalam rangka mendukung UMKM untuk Go Global dan Go Digital, PANDI akan terus menggenjot pertumbuhan UMKM yang menggunakan domain BIZ.ID. “Salah satunya, kami akan menurunkan harga domain BIZ.ID agar lebih terjangkau bagi para pelaku UMKM yang ingin memulai promosi di dunia digital,” ucapnya.

Berita Terkait : Pasar Tunggu The Fed, Rupiah Makin Tak Bertenaga

Dalam mendukung kegiatan pemasaran UMKM, PANDI juga menyediakan inovasi berupa layanan link shortener dan microsite S.ID yang merupakan link shortener terpendek di dunia. “Layanan ini bebas biaya sehingga para pelaku UMKM dapat memanfaatkan fitur layanan yang ada di S.ID untuk mempromosikan UMKMnya di dunia digital,” ujar Yudho.

Tahun ini, PANDI menargetkan jumlah nama domain .ID sebanyak 1 juta nama domain. Pihaknya juga akan terus melakukan inovasi dan kolaborasi untuk memperkuat layanan domain .ID dan mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menggunakan nama domain .ID. 

“Bukan tidak mungkin setelah domain .ID menjadi juara di Asia Tenggara, nama domain .ID juga akan menjadi juara di Asia atau bahkan di dunia,” yakin Yudho.