Dark/Light Mode

Akuisisi 6 Ribu Menara Telkomsel, Mitratel Jadi Tower Provider Terbesar Di Asia Tenggara

Rabu, 3 Agustus 2022 12:52 WIB
Foto: Irma Yulia/Rakyat Merdeka
Foto: Irma Yulia/Rakyat Merdeka

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (Mitratel), anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk kini menjadi perusahaan penyedia menara telekomunikasi (tower provider) terbesar di Asia Tenggara, usai mengakuisisi 6.000 unit menara telekomunikasi milik PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel).

Direktur Utama Mitratel Theodorus Ardi Hartoko mengatakan,  jumlah tower yang dimilikinya total mencapai 34.800.

Baca juga : Erick: Investasi Korsel Mantapkan Krakatau Steel Jadi Pemain Baja Terbesar Di Asia Tenggara

“Mitratel sekarang ini menjadi tower company terbesar secara kepemilikan jumlah tower di kawasan Asia Tenggara, kepemilikan kami menjadi 34.800, yang nomor duanya jauh di bawah kami," ujarnya, dalam Media Gathering di Jakarta, Selasa (2/8) malam.

Theodorus yang akrab disapa Teddy menjelaskan, proses akuisisi 6.000 menara tersebut selesai dilakukan pada 29 Juli 2022 dan akan disewakan kembali kepada Telkomsel.

Baca juga : 11 Tahun Raih Peringkat 1, TP Link Komit Hadirkan Produk Unggulan Di 170 Negara

Menurutnya, kepemilikan menara ini akan menjadi modal utama Mitratel untuk market expansion dan mendukung akselerasi implementasi jaringan 5G di Indonesia dan menambah alat produksi Mitratel.

Untuk itu, konektivitas yang diberikan kepada para tenant nantinya berupa akses fiber (dark fiber, capacity leased dan hybrid) dan akses non fiber (satelit).

Baca juga : Dipilih Ribuan Warganet, Firli Tak Mau Terganggu Isu Capres

"Inilah keunggulan Mitratel yang memberikan kemudahan kepada seluruh operator untuk mengembangkan jaringan telekomunikasi di seluruh Indonesia, khususnya di luar Jawa," ujarnya. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.