Dark/Light Mode

Percepat Penurunan Stunting

Kalbe Lanjutkan Program Intervensi Gizi Ibu Hamil Di Tangerang

Jumat, 27 Januari 2023 14:52 WIB
Direktur Kalbe Nutritionals Andy Chendra (tengah kiri) berbincang dengan Rektor Universitas YARSI Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D (tengah kanan) di Puskesmas Kresek, Kabupaten Tangerang. (Foto: Ist)
Direktur Kalbe Nutritionals Andy Chendra (tengah kiri) berbincang dengan Rektor Universitas YARSI Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D (tengah kanan) di Puskesmas Kresek, Kabupaten Tangerang. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui anak usaha PT Sanghiang Perkasa (Kalbe Nutritionals) berkomitmen mendukung program percepatan penurunan stunting di Indonesia.

Solusi nutrisi terbaik di setiap tahap kehidupan manusia termasuk ibu hamil dan anak-anak pun diberikan melalui program kerja sama intervensi gizi pada ibu hamil untuk percepatan penurunan stunting bersama Universitas YARSI, di Puskesmas Kresek, Kabupaten Tangerang.

"Kami mengucapkan banyak terima kasih atas semua dukungan yang telah terjalin sampai saat ini sehingga program ini bisa berjalan dengan baik. Kalbe merupakan perusahaan bidang kesehatan, maka untuk percepatan penurunan stunting sesuai tujuan dari Kalbe sendiri. Kami ingin menciptakan juga solusi nutrisi untuk kehidupan yang lebih baik untuk kita semua," ujar Direktur Kalbe Nutritionals, Andy Chendra, Jumat (27/1).

Pada program ini, Kalbe bersama Universitas YARSI dan Puskesmas Kresek memberikan makanan tambahan berupa susu Prenagen pada 52 ibu hamil hingga edukasi kesehatan tentang penurunan stunting.

Baca juga : Genjot Penjualan, Multi Medika Internasional Luncurin Masker Karakter BT21

Program yang berjalan sejak September 2022 ini merupakan bentuk sinergi peran multipihak, mulai dari dunia industri kesehatan, yakni Kalbe, akademisi yakni Universitas YARSI, pemerintah yakni Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dan Puskesmas Kresek, serta para peserta program.

“Kalbe menyediakan nutrisi sebelum kehamilan, ibu menyusui, tumbuh kembang anak, dewasa, hingga usia senior, kita perhatikan kebutuhan nutrisinya. Ini saling terkait selama anak tumbuh. Kita harapkan program ini terus berlanjut, sehingga kita bisa mendukung program pemerintah dalam mempercepat penurunan angka stunting dan mempersiapkan anak-anak menjadi generasi platinum yang kuat, untuk Indonesia yang lebih baik,” jelas Andy.

Sementara Rektor Universitas YARSI, Prof. dr. Fasli Jalal bersyukur, Kalbe memberikan bantuan berupa susu.

"Kalau diminum enam bulan, Insya Allah akan membantu menambah berat badan, cegah anemia, bantu memperlancar proses melahirkan, hingga membantu memperlancar ASI (air susu ibu)," tuturnya.

Baca juga : Tekan Angka Kematian Ibu Dan Stunting, Menkes Canangkan Gerakan Bumil Sehat

Ditambahkannya, Universitas YARSI bersepakat dengan Kalbe Farma untuk memfasilitasi ibu-ibu hamil bersama keluarga, yang telah bersepakat untuk melahirkan anak dengan kondisi kesehatan prima.

Juga, terbebas dari stunting dan berat badan lahir rendah. Sehingga, mereka siap menjadi anak yang sehat, cerdas, dan ceria.

Head of Kalbe Nutritionals Research Center PT Kalbe Farma Tbk, dr. Iwan Surjadi Handoko menjelaskan, penurunan angka stunting dipengaruhi oleh nutrisi ibu hamil, kebersihan, pola makan yang baik, serta penambahan asupan nutrisi.

Sebab, kehamilan tidak hanya fokus pada sang ibu tetapi juga memperhatikan kondisi anak di dalam kandungan.

Baca juga : Ketua Pinkan Sebut Kolintang Sarana Pemersatu Bangsa

"ASI itu makanan paling sempurna untuk anak. Untuk menghasilkan ASI yang berkualitas, tentu ibu butuh makanan bergizi, dengan lauk pauk bervariasi, dan termasuk asupan makanan tambahan. Maka Kalbe akan memberikan Prenagen Lactamom. Mudah-mudahan dengan pemenuhan asupan nutrisi, akan mendukung ASI eksklusif, sehingga bayi yang mendapatkan ASI tersebut tumbuh kembangnya baik,” jelas dr. Iwan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.