Dark/Light Mode

Ketua HIPMI Jaya Sandi Rahmat Mandela: Subsidi Motor Listrik Era Baru Green Economy

Selasa, 31 Januari 2023 20:21 WIB
Ketua Bidang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jakarta Raya (HIPMI Jaya) Sandi Rahmat Mandela. (Foto: Ist)
Ketua Bidang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jakarta Raya (HIPMI Jaya) Sandi Rahmat Mandela. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Era Baru Green Economy menjadi topik yang hangat diperbincangkan bagi banyak negara di dunia. bahkan konsep besar mengenai Green Economy ini menjadi salah satu rekomendasi kebijakan yang dibahas pada Forum G20-B20 di bali beberapa waktu yang lalu.

Green Economy jika dikutip dari United Nations Environment Programme (UNEP) yang mengusung konsep ekonomi rendah karbon, penghematan sumber daya dan inklusivitas sosial.

Ini juga akan diimplementasikan oleh Pemerintah Indonesia. Melalui Kementerian Perindustrian dengan program Subsidi Motor Listrik.

Baca juga : 22 Warga Jakarta Dilatih Konversi Motor Listrik di PPSDM KEBTKE

Program ini akan mendorong masyarakat untuk beralih dari penggunaan kendaraan berbahan bakar konvensional menjadi kendaraan listrik.

Ketua Bidang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jakarta Raya (HIPMI Jaya) Sandi Rahmat Mandela berpendapat, program subsidi motor listrik ini akan merangsang industri kendaraan listrik dalam negeri untuk tumbuh dan ambil bagian dalam transformasi besar ini.

"Selama ini kita hanya menjadi penonton saja, dengan program ini Industri otomotif produsen kendaraan listrik anak bangsa harus ambil bagian," tutur Sandi, Selasa (31/1).

Baca juga : Inem Pelayan Seksi Cs Rawat Kecantikan Di Klinik Queen

"Industri kita siap, sumber daya kita siap, tenaga kerja kita juga siap, kita punya industri rumahan dan UMKM yang mampu ambil bagian dalam era baru ini, keberpihakan subsidi motor listrik harus berada di tangan pengusaha nasional," imbuhnya.

HIPMI Jaya memiliki ribuan anggota yang bergerak di berbagai sektor, termasuk kendaraan listrik. Karena itu, Sandi memastikan, HIPMI Jaya siap menjadi kolaborator bagi kementerian perindustrian untuk mendistribusikan program ini tepat sasaran dan sepenuhnya berpihak bagi pengusaha nasional.

"HIPMI Jaya adalah anak kandung bangsa, kita siap bersama membersamai pemerintah dalam membangun industri baru ini," tutup Sandi.

Baca juga : Ketua Umum IMI Tantang Ducati Produksi Motor Listrik

Diharapkan, kendaran listrik yang nantinya mendominasi jalanan di Indonesia, adalah kendaraan listrik produksi dalam negeri.

Dengan seluruh sumber daya yang memadai dan keberpihakan kebijakan nasional terhadap pengusaha nasional, bukan tidak mungkin cita-cita bersama tersebut dapat terealisasi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.