Dark/Light Mode

Proyek Energi Asing Kembali Ke Ibu Pertiwi

Jumat, 16 Agustus 2019 09:16 WIB
Blok Rokan yang kini dikelola Pertamina (Foto: ESDM)
Blok Rokan yang kini dikelola Pertamina (Foto: ESDM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lima proyek besar sektor ESDM tercatat kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi. Putra-putri terbaik bangsa diharapkan mampu mengelola sumber daya alam di negeri sendiri.

Baca juga : Pagi Ini, Bandara Hong Kong Kembali Dibuka

Pertama, blok migas Mahakam yang kini dikelola oleh PT Pertamina (Persero). Kedua, Blok migas Sanga-Sanga. Pertamina juga jadi kontraktor di blok yang terletak di Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur ini. Ketiga, Blok migas Rokan di Riau. Pertamina akan jadi operator blok minyak terbesar di Indonesia ini tahun 2021 mendatang.

Baca juga : Jokowi Terkesan Dengan Kemajuan Teknologi Pertanian

Keempat adalah beralihnya mayoritas atau 51 persen saham PT Freeport Indonesia kepada PT INALUM (Persero). Kelima adalah blok migas Corridor, dimana Pertamina akan jadi operator di tahun 2026.

Baca juga : Rekrut Rektor Asing, Ide Ngawur!

Tahun 2023, partisipasi interes Pertamina di blok gas terbesar kedua di Indonesia ini juga naik dari sebelumnya 10 persen menjadi 30 persen.[TIM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.