Dark/Light Mode

Pake Teknologi Terkini, Blibli Genjot Industri Ritel Otomotif

Rabu, 24 Juli 2019 12:32 WIB
Pake Teknologi Terkini, Blibli Genjot Industri Ritel Otomotif

RM.id  Rakyat Merdeka - Perkembangan teknologi benar-benar dimanfaatkan secara maksimal oleh Blibli. Terbaru, salah satu mall online terkemuka di Indonesia itu menghadirkan virtual reality (VR) test drive di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 sebagai bentuk untuk menggenjot pertumbuhan industri ritel otomotif lokal.

SVP Trade Partnership Blibli.com Lay Ridwan Gauta mengatakan, minat masyarakat untuk berbelanja kebutuhan otomotif secara daring semakin tumbuh. “Penjualan segmen otomotif di Blibli tumbuh 50 persen dari tahun ke tahun. Paling banyak kelima dari 18 ka tegori,” ujarnya kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Berdasarkan data Gaikindo, industri otomotif di Indonesia diprediksikan tumbuh sebesar 13,6 persen dari 2019 ke 2020 dan target penjualan otomotif pada tahun 2020 diperkirakan mencapai 1,25 juta unit.

Baca juga : Kemenperin Genjot Daya Saing Industri Plastik Dan Karet

Perkembangan industri otomotif ke depan telah direncanakan melalui roadmap industri otomotif yang dikeluarkan oleh Kementerian Perindustrian, yang juga mengedepankan rencana inovasi teknologi mendatang. Ia menambahkan, programprogram yang berkaitan dengan otomotif mendapatkan respon positif dari warganet Indonesia untuk memenuhi kebutuhan mereka.

“Kalau di kuartal pertama tahun 2019 bertumbuh sebesar 180 persen jika dibandingkan periode yang sama di tahun lalu,” kata Lay.

Ia mengungkapkan, potensi pasar e-commerce terhadap keseluruhan industri otomotif masih terbilang kecil. “Peluangnya masih sangat besar. Apalagi online dan offline sesuatu yang tak bisa dipisahkan, saling melengkapi,” ungkapnya.

Baca juga : Kapan Teknologi 5G Diterapkan? Ini kata Telkomsel

Menurutnya, peluang tersebut harus terus dimaksimalkan agar pertumbuhan industri ritel otomotif lokal semakin tinggi.

“Dengan menggunakan teknologi terbaru, industri otomotif akan terus berkembang,” tegasnya.

Menurutnya, dengan menghadirkan virtual reality test drive akan semakin memudahkan konsumen mendapatkan kendaraan impiannya.

Baca juga : Kemenperin Genjot Investasi Industri Kacamata

“Kami berusaha mendekat￾kan pengalaman antara belanja offline dan online, jadi orang belanja tanpa ke lokasi. Kami juga bantu diler untuk komunikasikan produk ke calon pelanggannya,” tuturnya.

Dijelaskan, pengunjung GIIAS 2019 dapat merasakan secara virtual kabin mobil dengan menggunakan headset virtual reality yang menampilkan video interior mobil yang ditangkap menggunakan kamera 360 derajat.

“Kami ajak berbagai merek otomotif untuk menghadirkan simulasi virtual,” tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.