Dark/Light Mode

Dilirik 142 Investor

IKN Ibarat Gadis Cantik, Tapi Belum Dipoles Salon

Rabu, 8 Februari 2023 06:45 WIB
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. (Foto: Antara).
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Banyak investor berniat menanamkan investasinya di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Pasalnya, IKN ibarat gadis cantik, banyak yang melirik meski belum dibawa ke salon.

Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono mengungkapkan, pihaknya telah menerima 142 investor yang berminat berinvestasi di IKN Nusantara. Namun, dari 142 investor, hanya 90 yang masuk kategori serius/diterima dan berlanjut ke tahap berikutnya.

“Sebanyak 90 investor akan kami lanjutkan proses bisnisnya, apakah melakukan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) atau yang lain­nya,” kata Bambang dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi XI DPR di Jakarta, Senin (6/2).

Bambang merinci 90 investor akan menanamkan duitnya di berbagai sektor di IKN. Yakni 25 investor di sektor infrastruktur, 15 investor di sektor edukasi, 14 jasa konsultan, 10 perumahan, 9 mixed use dan komersial, 6 teknologi, 5 sektor kesehatan, 4 kantor BUMN dan swasta, dan 2 kantor Pemerintah.

Baca juga : Kaesang Ibarat Anak Gadis Cantik, Banyak Yang Melirik

Menurutnya, saat ini sudah ada tiga investor yang meng­garap proyek perumahan 184 tower IKN Nusantara senilai Rp 41 triliun. Proyek itu digarap dengan skema KPBU.

Ketiga investor tersebut, yakni Summarecon dengan investasi Rp 1,67 triliun, Nusantara Con­sortium Rp 30,8 triliun dan Korea Land and Housing Cor­poration Rp 8,65 triliun.

Bambang memastikan, pem­biayaan IKN akan dilakukan hingga 2045. Sebesar 20 persen pembiayaan IKN tersebut berasal dari APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara). Sementara 80 persen sisanya merupakan investasi dari inves­tor.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengibaratkan IKN sebagai ga­dis cantik yang dilirik pria.

Baca juga : Kabar Baik, Ferrari Bisa Turun Lawan Persis Solo

“Ada wanita cantik dari kam­pung yang pintar, anggun, cuma belum dipoles saja, belum dibawa ke salon. Daripada wanita kota setengah-setengah, pole­sannya terlalu banyak, isinya kurang bagus. Seperti itu kira-kira IKN,” ucap Bahlil.

Bahlil memastikan akan mem­berikan kemudahan serta insentif kepada investor yang ingin berinvestasi di IKN, mulai dari perizinan hingga tax holiday.

Terutama untuk tax holiday, investor akan mendapatkan in­sentif lebih besar dibandingkan daerah lainnya.

Sebelumnya, Menteri Pe­kerjaan Umum dan Peruma­han Rakyat (PUPR) Basuki Ha­dimuljono mengatakan, hingga awal Februari 2023, progres pembangunan fisik infrastruktur IKN secara keseluruhan sudah mencapai 14 persen.

Baca juga : 8 Investor Jajaki Peluang Investasi Di Indonesia

Pembangunan diklaim ber­jalan baik sesuai dengan tiga prinsip utama. Yakni untuk menjamin kualitas, estetika dan keberlanjutan lingkungan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.