Dark/Light Mode

Tok! DPR Pilih Filianingsih Hendarta Jadi Deputi Gubernur BI

Senin, 13 Februari 2023 18:37 WIB
Filianingsih Hendarta. (Foto: TV Parlemen)
Filianingsih Hendarta. (Foto: TV Parlemen)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi XI DPR memilih Filianingsih Hendarta sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia menggantikan Dody Budi Waluyo yang akan pensiun pada April 2023. 

Fit and proper test dilakukan di Gedung DPR pada Senin (13/2). Ada dua calon Deputi Gubernur BI yaitu Asisten Gubernur BI yang menjabat Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Filianingsih Hendarta dan Asisten Gubernur BI yang menjabat Kepala Departemen Regional Dwi Pranoto.

Baca juga : Airin Minta Didoakan Jadi Gubernur Banten

Telah disepakati melalui musyawarah dan mufakat calon Deputi Gubernur BI untuk periode 2023-2028 adalah Filianingsih Hendrata,” ujar Ketua Komisi XI Misbakhun usai menggelar rapat internal di DPR, Senin (13/2).

Setelah ditetapkan di Komisi XI DPR, tahap selanjutnya, hasil keputusan tersebut akan dilaporkan oleh Komisi XI di Rapat Sidang Paripurna.

Baca juga : Mei Lengser, DPR Belum Kantongi Nama Calon Gubernur BI

BI pun menyambut baik Filianingsih Hendarta sebagai Deputi Gubernur terpilih yang akan mengemban tugas pada 2023-2028 mendatang.“Hasil pemilihan ini merupakan salah satu perwujudan bahwa Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia dipilih berdasarkan sistem meritokrasi, yakni pada kompetensi dan kapabilitas terbaik yang dimiliki tanpa memandang suku, agama, ras dan antargolongan (SARA), dalam menjalankan amanat pelaksanaan tugas BI,” kata Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam keterangan resminya, Senin (13/2).

Nama Filianingsih bukanlah orang baru di BI. Ia mengawali karirnya di BI sejak tahun 1986 setelah menuntaskan pendidikan sarjana di bidang Hukum Universitas Airlangga pada tahun 1985. Kemudian memperoleh gelar Master di bidang Economics & Finance dari Boston University, USA pada 1992.

Baca juga : Sri Mulyani Digosipkan Incar Kursi Gubernur BI

Fili sapaan akrabnya, juga menjabat sebagai Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran sejak tahun 2019. Sebelumnya ia menjabat sebagai Kepala Departemen Pengelolaan Moneter sejak 2013-2015 dan Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial sejak 2015-2019.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.