Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tegaskan Maju Pilkada

Airin Minta Didoakan Jadi Gubernur Banten

Minggu, 12 Februari 2023 07:35 WIB
Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Airin Rachmi Diany. (Foto: VIVA/M Ali Wafa)
Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Airin Rachmi Diany. (Foto: VIVA/M Ali Wafa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Airin Rachmi Diany kembali menegaskan keseriusannya maju dalam Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Banten tahun 2024. Karenanya, mantan Wali Kota Tangerang Selatan (Tengsel) ini akan terus mensosialisasikan pencalonan dirinya sebagai Gubernur Banten periode 2024-2029.

“Ya pokoknya gini, hari ini, kan baru tulisan bakal calon, doainmudah-mudahan jadi calon,doain jadi gubernur. Aamiin,” ujar Airin saat ditanyai tentang banyaknya baliho dirinya di wilayah Kota Tangsel, Kabupaten Tanggerang dan Kota Tangerang, kemarin.

Menurut dia, jika Partai Golkar memutuskan mengusungnya maju sebagai cagub Banten di gelaran Pilkada 2024, dia siap menjalankan tugas tersebut.

Namun, diakuinya, upaya untuk memenangkan kontestasi demokrasi dan memimpin Provinsi Banten bukan tugas mudah.

“Menjadi gubernur harus bisa menjaga amanah dan istiqomah. Pengalaman menjadi kepala daerah selama 10 tahun, saya jalani dengan sabar dan keber­samaan,” jelas dia.

Baca juga : Ternak Ayam Petelur, Aktivis PMI Sukses Raup Untung Puluhan Juta Per Bulan

Karena itu, dirinya terus turun ke tengah masyarakat, melakukan sosialisasi sekaligus membangun rasa kebersamaan.

“Saat ini, saya turun di Banten, di empat kabupaten/kota. Sebab, rasa kebersamaan itu yang harus dorong,” cetus dia.

Ketua Umum Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) ini pun menanggapi santai pernyataan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang selalu meng-endorse dirinya se­bagai bakal Cagub Banten 2024. Dia mengaku akan berusaha agar kuota 30 persen perempuan dapat terpenuhi.

“Tugas saya, ya turun saja. Saya juga menginginkan agar perempuan tidak sekadar men­jadi pelengkap untuk 30 persen. Mudah-mudahan kaum perem­puan bisa mendapat amanah dan menang di Pemilu Legislatif (Pileg),” harapnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Airlangga Hartarto mengaku sudah menyiapkan sejumlah nama kader, yang akan diusung di Pilkada 2024.

Baca juga : Badan Pangan Minta Bulog Habiskan Beras Impor Sebelum Panen Raya

Sejumlah nama yang akan dicalonkan Partai Golkar di Pilkada tingkat Provinsi, diungkap Airlangga saat membuka Rapat Koordinasi Teknis Pemenangan Pemilu Jawa I (Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat) di kawasan Pecenongan, Jakarta, Rabu (25/1).

Awalnya, Airlangga meminta agar target di Pileg tingkat nasional alias Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Banten, bisa bertambah. Minimal, bertambah satu kursi Dewan, menjadi empat orang.

“Hal tersebut bisa dicapai dengan tim yang solid. Terlebih, kita sudah kedatangan Ridwan Kamil, selaku Wakil Ketua Umum bidang penggalangan pemilih dan co-chair Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar,” ucap dia.

Tim pemenangan Partai Golkar di Provinsi Banten, juga sudah dipikirkan oleh Airlangga. Menurut dia, pemenangan Partai Golkar di daerah tersebut bakal dipimpin Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Provinsi Banten, Ratu Tatu Chasanah.

Nantinya, Ratu Tatu akan dibantu oleh mantan Wakil Gubernur (Wagub) Banten Andika Hazrumy.

Baca juga : NasDem DKI Ogah Berspekulasi Tuh

Selain tim pemenangan, sam­bung dia, calon kepala daerah juga sudah disiapkan. Airlangga mengungkapkan, mantan Wagub Banten Andika Hazrumy akan di­dorong menjadi Bupati Serang. Sementara, Ketua DPP Partai Golkar Airin Rachmi Diany akan diusul­kan menjadi gubernurBanten.

“Pak Wagub ini akan bermutasi menjadi bupati Serang. Saya sen­gaja supaya yang Ratu Tatu-nya protes. Kemudian, Gubernurnya Bu Airin. Berdiri-berdiri. Kalau Bu Airin boleh berdiri nggak duduk-duduk Bu,” cetusnya dis­ambut tepuk tangan para kader.

Airin pun lantas berdiri dari tempat duduknya lalu menyapa para kader Golkar yang memenuhi ruangan pertemuan.

Selepas acara, Airlangga mengatakan, rencana pencalonan Airin sebagai Cagub Banten akan dimatangkan dalam pembahasan lebih lanjut. “Nanti kita akan bicarakan,” ujar Airlangga. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.