Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gaet Pekerja Di Desa, BP Jamsostek Gandeng Bhabinkamtibmas

Minggu, 19 Februari 2023 19:29 WIB
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) menggandeng Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) untuk menyasar pekerja di desa. (Foto: Istimewa)
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) menggandeng Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) untuk menyasar pekerja di desa. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) menggandeng Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) untuk menyasar pekerja di desa.

BP Jamsostek menargetkan sebanyak mungkin perlindungan kepada pekerja yang berada di pedesaan dan kelurahan. Karena, 45 persen pekerja Indonesia ternyata berada di desa.

Direktur Kepesertaan BP Jamsostek Zainudin mengatakan, untuk mewujudkannya, BP Jamsostek menggandeng Bhabinkamtibmas yang pada umumnya termasuk dalam segmen pekerja informal atau pekerja bukan penerima upah.

Baca juga : Rapat Beras Di Istana, Batang Hidung Mentan Tak Terlihat, Ini Kata Buwas

"Kami mulai fokus dari desa dan kelurahan, 3 pilar di desa itu adalah kepala desa, bhabinkamtibmas dan babinsa. Nah, untuk menggarap ini kita gerakan teman-teman agar kolaborasi dengan Bhabinkamtibmas sehingga para pekerja informal di desa itu bisa segera terlindungi BP Jamsostek," kata Zainudin dalam keterangan resminya saat sosialisasi dan peningkatan kemampuan Bhabinkamtibnas Minggu (19/2).

Zainudin menambahkan, BP Jamsostek juga telah melakukan kerja sama dengan Kapolri yang salah satu wujudnya bagaimana berkolaborasi dengan kordinmas, yang khususnya Bhabinkamtibmas.

Lebih jauh, kata Zainudin, saat ini pekerja yang berada di desa sudah dapat terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan dengan menggunakan dana desa, dan kolaborasi ini akan mempercepat terwujudnya masyarakat yang sejahtera.

Baca juga : Seluruh Pekerja KSP Wajib Dilindungi BP Jamsostek

Menurutnya, keberagaman dan jumlah pekerja yang berada di desa membuat BP Jamsostek harus mengambil langkah pendekatan khusus agar pekerja segmen informal dengan mudah memahami makna pentingnya jaminan sosial.

Mereka juga segera sadar untuk mendaftarkan dirinya menjadi peserta, pendekatan tersebut bernama kampanye 'Kerja Keras Bebas Cemas'.

Kasubdit Bhabinkamtibmas Ditbinmas Korbinmas Baharkam Polri Kombes Pol. Tatar Nugroho mengatakan, Bhabinkamtibmas siap membantu BP Jamsostek dalam memberikan sosialisasi dan edukasi kepada pekerja, khususnya pekerja yang berada di desa.

Baca juga : Sandi Berbinar-binar

"Jadi, peran Bhabinkamtibmas ini mendukung pelaksanaan sosialisasi BP Jamsostek di wilayah. Nanti babin akan berkoordinasi dengan babinsa dan kepala desa," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor BP Jamsostek Cabang Jakarta Menara Jamsostek Mohamad Irfan menyambut baik kerja sama yang terjalin antara BP Jamsostek dengan Kapolri tentang kolaborasi dengan kordinmas, yang khususnya Bhabinkamtibmas.

"Kami mendukung kerjasama ini, kami secara konsisten dan persisten melakukan sosialisasi edukasi kepada pekerja demi mempercepat terwujudnya masyarakat yang sejahtera," katanya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.