Dark/Light Mode

RI Siap Masuk Ke Era Society 5.0

Airlangga: IKN Contoh Penerapan Smart City

Senin, 20 Februari 2023 06:45 WIB
Menteri Koordinator (Men­ko) Bidang Perekonomian Air­langga Hartarto. (Foto: Antara).
Menteri Koordinator (Men­ko) Bidang Perekonomian Air­langga Hartarto. (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah mendorong industri nasional mempersiapkan diri menghadapi era Society 5.0 yang merupakan konsep kehidupan lebih terdigitalisasi. Era Society 5.0 ini bakal diterapkan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menteri Koordinator (Men­ko) Bidang Perekonomian Air­langga Hartarto mengatakan, beberapa teknologi yang patut dikembangkan menuju Society 5.0, yakni edge computing, big data analytics serta Internet of Things (IoT).

“IKN akan menjadi contoh penerapan smart city yang bisa menyiapkan masyarakat masuk dalam era Society 5.0,” kata Airlangga dalam keterangan resminya, saat menyampaikan Pidato Ilmiah Rapat Terbuka Senat Fakultas Teknik Univer­sitas Gajah Mada secara virtual, di Yogyakarta, kemarin.

Baca juga : Airlangga Masih Menahan Diri

Ketua Umum Partai Golkar ini menuturkan, penerapan era Society 5.0 berkaca pada indus­tri 4.0. Kontribusi industri untuk pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) meningkat setiap tahun. Salah satunya karena program Making Indonesia 4.0.

“PDB dapat meningkat 1-2 persen per tahun untuk periode 2018-2030. Ini akan mencipta­kan lebih dari 10 juta lapangan pekerjaan tambahan, dan meningkatkan kontribusi sektor manufaktur pada 2030 hingga lebih dari 25 persen,” jelasnya.

Selain itu, eks Menteri Per­industrian ini mengatakan, Pe­merintah sedang mengupaya­kan percepatan transisi energi nasional melalui pengurangan konsumsi bahan bakar fosil dan pengembangan pembangkit listrik berbasis energi baru ter­barukan. Seperti wind turbine dan solar panel.

Baca juga : Paloh Bahagia Bersama Jokowi

Upaya transisi energi ini, tentunya memerlukan pengem­bangan teknologi inovatif dan terjangkau. Misalnya, pengembangan carbon capture dan storage.

“Pemerintah gencar mendorong pemanfaatan teknologi untuk hilirisasi komoditas berba­sis mineral dan logam unggulan seperti bauksit, timah, tembaga dan nikel,” kata Airlangga.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan, Indonesia siap memasuki era Society 5.0. Era smart society menjadi konsep yang diterapkan banyak negara, termasuk Indonesia. Konsep ini mengintegerasikan dunia maya dan fisik dalam berbagai penyelesaian masalah sosial.

Baca juga : Menuju Kemandirian Energi, Airlangga: Kurangi Ketergantungan Impor BBM

“Paradigma baru dari perkem­bangan teknologi dan informasi ini telah melahirkan perubahan cara produksi, konsumsi, serta distribusi menjadi lebih murah dan efisien,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.