Dark/Light Mode

ATPM Pede Prospek 2023 Makin Cerah

Mobil Listrik Laris Manis

Rabu, 22 Februari 2023 07:30 WIB
Direktur Utama PLN, Dar­mawan Prasodjo. (Foto: dok. PLN).
Direktur Utama PLN, Dar­mawan Prasodjo. (Foto: dok. PLN).

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjualan kendaraan listrik menunjukkan peningkatan. Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) optimistis prospek penjualan tahun ini makin bagus. Sebab, Pemerintah dan PT PLN memberikan dukungan besar agar pengguna kendaraan ramah lingkungan tersebut semakin banyak.

Direktur Utama PLN, Dar­mawan Prasodjo mengungkap­kan, jumlah kendaraan listrik di Indonesia terus meningkat, baik roda empat maupun roda dua. Meski begitu, dia mewanti-wanti perlunya kolaborasi dengan seluruh pihak terkait agar ekosistem kendaraan listrik bisa terus berkembang.

“PLN tidak bisa sendirian, perlu kolaborasi dengan berba­gai pihak untuk pengembangan ekosistem kendaraan listrik ini,” ujar Darmawan di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Jokowi Dorong Produsen Mobil Bidik Pasar Ekspor

Untuk itu, PLNmembuka seluas-luasnya peluang kerja sama franchise SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) dan SPBKLU (Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum).

“Kami juga memiliki platform Electric Vehicle Digital Ser­vices (EVDS) pada superapps PLN Mobile, yang memudah­kan pengguna kendaraan listrik dan produsen kendaraan listrik berinteraksi,” kata Darmo, sa­paannya.

Di kesempatan yang sama, Marketing dan Sales Gesits, Almas Ikbar Alfiansyah menilai, antusias masyarakat terhadap kendaraan listrik sangat baik. Se­jak 2019, kebiasaan mengubah kendaraan jenis BBM (Bahan Bakar Minyak) menjadi listrik sudah mulai terealisasikan.

Baca juga : AHM Kenalkan Motor Listrik Honda EM1 e: Di IIMS

“Kami yakin sekali bisa membawa masyarakat lebih aware untuk menggunaan motor listrik. Kami banyak mengedukasi masyarakat, memperlihatkan efisiensi dan lebih mu­dah dalam merawat kendaraan listrik,” kata Almas.

Chief Bussines Officer Ilectra Motor Group (IMG) pemegang merk motor listrik Alva, Putu Yudha mengatakan, PLN meru­pakan salah satu stakeholder yang penting untuk membangun ekosistem kendaraan listrik.

Oleh karena itu, dukungan dan kerja sama dengan PLN sangat penting untuk mendukung kemajuan kendaraan listrik di Indonesia.

Baca juga : IMF: Prospek Ekonomi Kini Tak Seseram Bulan-bulan Kemarin

“Saya harap, kerja sama ini bisa terus berjalan baik dan saling mendukung untuk kemajuan kendaraan listrik,” kata Putu Yuda, saat ditemui di Even IIMS (Indonesia International Motor Show) 2023.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.