Dark/Light Mode

Bumame Gandeng NGI Dirikan Laboratorium Genomik

Rabu, 22 Februari 2023 17:14 WIB
Bumame berkolaborasi bersama BGI Genomics melalui PT Naleya Genomik Indonesia (NGI) membangun laboratorium genomik yang berlokasi di area Bumame TB Simatupang, Jakarta Selatan. (Foto: Istimewa)
Bumame berkolaborasi bersama BGI Genomics melalui PT Naleya Genomik Indonesia (NGI) membangun laboratorium genomik yang berlokasi di area Bumame TB Simatupang, Jakarta Selatan. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bumame Laboratorium terus berinovasi memberikan pelayanan terbaik di industri kesehatan. Kali ini, Bumame berkolaborasi bersama BGI Genomics melalui PT Naleya Genomik Indonesia (NGI) membangun laboratorium genomik yang berlokasi di area Bumame TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Layanan pemeriksaan genomik merupakan upaya peningkatan kesehatan reproduksi, peningkatan gaya hidup yang dipersonalisasi, deteksi dini penyakit kanker, pengendalian penyakit menular, dan menyediakan layanan pengetesan obat yang presisi (precision medicine).

Laboratorium genomik dibangun menggunakan teknologi yang dirancang oleh BGI. Laboratorium tersebut selain menyediakan layanan tes genomik, juga bertujuan untuk menjadi pusat pelatihan untuk peneliti bidang genomik di Indonesia.

Baca juga : Airlangga Bareng Gibran Resmikan Solo Technopark

Presiden Direktur NGI Heru Dharmadi Wijaya mengatakan, NGI, BGI, bersama Bumame, berfokus memberikan inovasi dan solusi yang lebih baik dan efisien untuk industri kesehatan di Indonesia.

"Terutama dalam upaya deteksi dan personalisasi pengobatan medis berbasis risiko genetik serta pengembangan teknologi kedokteran yang mutakhir," katanya dalam keterangan resminya, Rabu (22/2).

CEO Bumame James Wihardja menambahkan, laboratorium genomik sebagai solusi klinis bagi para peneliti dan tenaga kesehatan profesional.

Baca juga : BSI Gandeng PBNU Tingkatkan Literasi Produk Emas

James menilai, solusi yang dimaksud adalah dalam menyediakan data trans-omics berkualitas tinggi, mengoptimalkan kecepatan dan ketepatan pengerjaan serta menggunakan sumber ilmiah terdepan di industri kesehatan, namun dengan penawaran harga yang sangat terjangkau.

"Bersama dengan BGI Group, Bumame Laboratorium yang telah melayani lebih dari 100 jenis tes kesehatan, kembali berinovasi dengan meluncurkan layanan skrining kesehatan di bidang genomik," jelasnya.

Sebagai tahap awal, laboratorium telah merilis tes NIPT (Non-Invasive Prenatal Test) bernama NIFTYTM (Non-Invasive Fetal TrisomY), sebagai rangkaian layanan tes kehamilan tanpa risiko.

Baca juga : Pamela Anderson, Dilecehkan Tim Allen

Selain itu, akan diluncurkan pula layanan NOVATM Newborn Genetic and Metabolic Disorder Screening, yang dapat mendeteksi risiko kelainan bawaan pada bayi yang baru lahir, Personal Genome Screening yaitu layanan genomik pribadi, hingga berbagai solusi genomik lainnya dengan menggunakan metode pengurutan genom yang mutakhir.

Sekadar informasi, bersamaan dengan peresmian laboratorium genomik, Kementerian Kesehatan Kemenkes bersama BGI Group juga telah menandatangani MoU Penanggulangan Talasemia dan MoU Pembangunan Bank Gen Nasional. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.