Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

5 Program Kementerian Keuangan dalam Mendukung Peningkatan Bisnis UMKM

Rabu, 1 Maret 2023 21:41 WIB
Para pelaku UMKM (Foto: Genial.id)
Para pelaku UMKM (Foto: Genial.id)

Kolaborasi adalah salah satu cara untuk meningkatkan performa bisnis dengan cara yang baik dan benar. Konsep itulah yang pada akhirnya menjadi salah satu terbaik bagi pemerintah dalam melakukan dukungan kepada UMKM yang ada di Indonesia dengan melihat besarnya potensi yang ada di bisnis UMKM.

Konsep kolaborasi memang tidak secara langsung tercantum dalam Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor: 396/KMK.01/2022 yang menyangkut soal Program Sinergi Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Namun, secara esensial, konsep itu ada. Sehingga, satuan kerja yang ada di Kementerian Keuangan akan bisa menggunakan kebijakan tersebut dalam usahanya untuk melakukan pembinaan dan pendampingan bagi para UMKM yang ada di Indonesia. 

Berdasarkan kondisi itu, pemerintah melakukan beberapa penyesuaian yang diharapkan bisa memberikan kontribusi positif  bagi perkembangan UMKM. Karena kita semua tahu bahwa kontribusi UMKM kepada ekonomi Indonesia sangat signifikan. Hal itu bisa terlihat dari beberapa waktu lalu pada saat kondisi Indonesia sedang dilanda Covid-19. Saat itu, pelaku bisnis UMKM adalah salah satu yang banyak memberikan dukungan untuk ekonomi Indonesia.

Program Kolaborasi 

Kementerian Keuangan, sebagai salah satu lembaga yang concern dalam pengembangan bisnis UMKM, merasa perlu untuk memajukan bisnis ini agar bisa lebih meningkat. Saat ini, ada 5 program yang akan dijalankan Kementerian Keuangan dalam rangka memajukan bisnis UMKM : 

Baca juga : Perempuan Semakin Dilibatkan Dalam Pencegahan Terorisme

1. Pembiayaan bagi UMKM

Kita semua tahu bahwa salah satu faktor yang menghambat perkembangan dan pengembangan bisnis UMKM adalah modal/pembiayaan. Dengan adanya program ini, diharapkan para pelaku bisnis UMKM tidak lagi mengalami kendala dalam usahanya meningkatkan performa bisnisnya dengan adanya kemudahan aspek pembiayaan dari pemerintah. 

2. Fasilitas Fiskal bagi UMKM

Dengan adanya program ini, UMKM diarahkan untuk bisa menjadi pelaku bisnis yang paham akan sistem dan prosedur yang berhubungan dengan masalah pelaporan pajak, hingga pemahaman yang benar terkait masalah kepabean yang berhubungan dengan pengiriman produk untuk ekspor bagi UMKM.

3. Strategi Pemasaran para UMKM

Baca juga : Ganjar Instruksikan Perangkat Desa Dukung Pengentasan Kemiskinan Di Jateng

Bagi para UMKM yang ingin mengembangkan pemasaran tidak hanya di dalam tetapi juga di luar negeri, mereka bisa menggunakan beberapa website berikut yang diyakini bisa memberikan tambahan pemahaman dalam meningkatkan bisnisnya. (a) UMKM bisa bergabung dengan ekosistem DigiPay (sebuah sistem yang biasanya dipakai dalam pengadaan barang/jasa yang ada di lingkup pemerintahan). (b) UMKM bisa ikut atau masuk dalam situs Lelang.go.id yang bertujuan untuk membantu dalam penjualan produk-produk UMKM agar bisa lebih eksis tidak saja di dalam negeri tetapi juga di luar negeri.

4. Pelatihan dan Pendampingan bagi UMKM

Program ini sengaja dibuat pemerintah dalam mendukung peningkatan skill dan manajerial para UMKM. Beberapa model pelatihan dan pendampingan yang diberikan adalah: Pelatihan ekspor yang akan bisa mendukung aktivitas ekspor sehingga mereka bisa menjadi UMKM Go International dan  Pelatihan serta pendampingan lain yang akan bisa meningkatkan skill dan kompetensi dari UMKM yang bersangkutan. 

5. Peningkatan Kerja Sama serta Kolaborasi 

Dalam konteks ini, para pelaku UMKM akan bisa melakukan kegiatan bisnis seperti event/pameran UMKM, bidang lainnnya yang ada di bawah koordinasi Kementerian Keuangan. Dengan adanya dukungan tersebut, bisnis UMKM bisa lebih berkembang tidak saja di skala pemasaran regional tetapi juga nasional. 

Baca juga : DAIKIN Berikan Pelatihan Bagi Siswa Untuk Meningkatkan Keahlian Hadapi Dunia Kerja

Kolaborasi adalah salah satu strategi bisnis yang bisa dilakukan pelaku bisnis. Tidak saja pelaku bisnis kelas corporate tetapi kelas UMKM pun harus secara aktif melakukan kolaborasi. Dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan akan bisa menjadikan bisnis para UMKM bisa jadi lebih berkembang. 

Keuntungan trategi Kolaborasi Bisnis 

Setidaknya ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan para UMKM agar bisa menjadikan bisnisnya lebih berkembang. Beberapa keuntungan secara langsung yang bisa didapatkan UMKM dengan kolaborasi adalah: 

  1. UMKM akan bisa melakukan pengembangan jaringan dengan melakukan kolaborasi dengan banyak pihak. Tidak saja dengan  Kementerian Keuangan dan divisi yang ada di bawahnya tetapi juga dengan kementerian lainnya. 
  2. UMKM akan bisa mendapatkan peluang yang cukup luas, karena kolaborasi akan bisa mendatangkan keuntungan yang berhubungan dengan peluang bisnis dari  UMKM yang bersangkutan.
  3. UMKM akan bisa mendapatkan mitra bisnis ketika dirasa manfaat dan bisa bekerjasama dalam satu kondisi bisnis. Karena mitra bisnis adalah sebuah kerja sama yang bersifat win-win solution
  4. UMKM dengan adanya kolaborasi bisnis maka akan semakin terbuka kesempatan untuk dirinya melakukan pengembangan produk atau melakukan variasi produk. Karena bisa jadi dengan banyaknya kolaborasi akan bisa meningkatkan performa bisnis yang dijalankan UMKM yang bersangkutan. 

Yang pasti, dengan adanya kolaborasi, pasti banyak keuntungan yang akan didapatkan dibandingkan dengan kerugiannya. Sehingga tidak salah jika pada akhirnya Kementerian Keuangan berusaha untuk melakukan kolaborasi dengan para pebisnis UMKM yang memang mereka mampu memberikan kontribusi positif bagi program yang dijalankan Kementerian Keuangan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.