Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Amankan Pasokan Listrik

PLN EPI Siap Jaga Ketersediaan Stok Bahan Bakar Pembangkit

Rabu, 1 Maret 2023 17:16 WIB
Amankan Pasokan Listrik PLN EPI Siap Jaga Ketersediaan Stok Bahan Bakar Pembangkit

RM.id  Rakyat Merdeka - PT PLN (Persero) melakukan transformasi bisnis melalui pembentukan Holding Subholding. Melalui Subholding PLN Energi Primer Indonesia (EPI), PLN memastikan pasokan energi primer baik itu batu bara, gas, BBM, hingga biomassa terjamin.

Direktur Utama PLN EPI Iwan Agung Firstantara menjelaskan, PLN Energi Primer mempunyai peran tata kelola pasokan energi primer untuk seluruh pembangkit listrik milik PLN.

Mulai dari pengadaan di hulu, pengolahan, distribusi hingga pengembangan.

Baca juga : Hemat dan Ramah Lingkungan, Motor Listrik Siap Bersaing di pasar Otomotif

"Melalui PLN EPI, pengadaan energi primer yang semula dilakukan oleh masing-masing pembangkit, kini terkonsolidasikan di PLN EPI. Sehingga jaminan pasokan lebih aman dan lebih efisien," ujar Iwan dalam keterangan tertulis.

Pengadaan energi primer yang terkonsolidasi ini membuat ketahanan pasokan di pembangkit berhasil menjaga hari operasi pembangkit (HOP) terbaik sepanjang sejarah.

HOP batu bara Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) saat ini stok batu bara berada di 22 hingga 26 HOP.

Baca juga : Tito Minta Pemda Fokus Program Pembangunan

"Tugas utamanya EPI, security of supply. Kita tidak ingin adanya shortage batu bara seperti di tahun 2021. Semua kita pastikan aman," tambah Iwan.

Ketahanan pasokan juga berada di pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Gas Alam Cair (LNG). Iwan mengatakan, PLN EPI melakukan berbagai strategi untuk mengamankan pasokan dua energi primer tersebut untuk pembangkit. "Saat ini, posisinya aman," tegasnya 

Dalam pengembangan bisnis perusahaan ke depan, Iwan mengatakan PLN EPI juga memegang peranan penting dalam menjaga pasokan biomassa.

Baca juga : Sempat Dihentikan Gegara Gas Air Mata, Laga Persis Vs PSIS Berakhir Imbang

Hal ini juga sejalan dengan agenda transisi energi yang dilakukan PLN dengan mengurangi secara perlahan ketergantungan energi fosil dengan energi berbasis domestik.

Dalam hal ini, penggunaan biomassa dalam PLTU menggunakan teknologi co-firing menjadi fokus EPI dalam memastikan pasokan biomassa untuk PLTU aman.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.