Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lestarikan Kain Tradisional, Pupuk Indonesia Luncurkan Buku Wastra & Seni Berkain

Kamis, 2 Maret 2023 13:50 WIB
Peluncuran buku Untaian Pesona: Wastra Nusantara dan Seni Berkain oleh Pupuk Indonesia. (Foto: Dok. Pupuk Indonesia)
Peluncuran buku Untaian Pesona: Wastra Nusantara dan Seni Berkain oleh Pupuk Indonesia. (Foto: Dok. Pupuk Indonesia)

 Sebelumnya 
Direktur Utama Pupuk Indonesia, Bakir Pasaman mengapresiasi, peluncuran Buku “Untaian Pesona Wastra Nusantara” dan Buku “Seni Berkain” yang diinisiasi PIKA-PI Group.

Dia menilai, kehadiran buku ini merupakan wujud komitmen Pupuk Indonesia Grup untuk mendampingi para perajin wastra saat berada di industri tekstil nasional maupun internasional.

Menurutnya, keindahan wastra terlihat di setiap halaman buku ini, sehingga buku ini sekaligus menjadi media promosi kain tradisional nusantara, khususnya di kancah internasional.

Baca juga : Pupuk Indonesia Luncurkan Buku Wastra Nusantara Dan Seni Berkain

“Kami seluruh direksi mengapresiasi, usaha yang dilakukan PIKA-PI Group dalam membantu program TJSL di Pupuk Indonesia Grup. Tentunya, kita ingin mengembangkan industri UMKM kita," ungkapnya.

Ia menambahkan, secara bertahap dilakukan pembinaan untuk meningkatkan kapasitas Mitra Binaan perajin wastra dan aksesori, mulai dari penyaluran dana bantuan, edukasi terkait manajemen keuangan.

Lalu, promosi hingga bagaimana memperluas pasar dan menghadapi pembelian potensial. Berbekal langkah-langkah tersebut, diharapkan kemampuan usaha meningkatkan, dan akhirnya tangguh serta mandiri.

Baca juga : Tingkatkan Literasi Nasional, Kemendikbudristek Gandeng Dharma Wanita Persatuan

Ia meyakini, setiap daerah di Indonesia memiliki warisan Nusantara dengan karakter masing-masing dan para perajinnya membutuhkan mitra yang mampu menjadi inspirasi dan pendamping.

"Pupuk Indonesia berkomitmen memberikan kontribusi maksimal, terhadap pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan tanggung jawab sosial yang memberikan manfaat ekonomi, sosial, lingkungan dan hukum," katanya.

Melalui program pembinaan yang diinisiasi perseroan, Bakir mengungkapkan, para pelaku bidang wastra dan kerajinan tradisional mendapatkan banyak manfaat.

Baca juga : Dukung Sarana Peternakan Di Sumut, Pupuk Indonesia Bangun Sumur Bor

Selain itu, regenerasi juga menjadi salah satu tujuan agar generasi muda turut merawat industri wastra nasional sehingga dapat bersaing di pasar global.

Dia pun meminta, proses kurasi dan pembinaan dalam rangka meningkatkan kualitas serta pangsa pasar UMKM mitra binaan kepada produk lainnya.

 “Saya rasa buku yang disampaikan sudah baik, konsepnya bagus, mudah-mudahan berlanjut dengan produk lainnya. Seluruh produk UMKM yang baik ini menjadi cendera mata bagi para tamu perusahaan," tandas Bakir. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.