Dark/Light Mode

Kenaikan Harga Baru Rumah Subsidi Ditunggu Pengembang Nih..

Kamis, 2 Maret 2023 23:29 WIB
Persatuan Perusahaan Real Estat Indonesia (REI) menggelar jumpa pers di acara Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) REI ke-51 di Medan, Kamis (1/3). (IST)
Persatuan Perusahaan Real Estat Indonesia (REI) menggelar jumpa pers di acara Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) REI ke-51 di Medan, Kamis (1/3). (IST)

 Sebelumnya 
Pada kesempatan yang sama, REI juga terus mendorong Pemerintah untuk membuat terobosan kebijakan yang membuka kesempatan luas kepada kelompok masyarakat berpenghasilan tidak tetap (non-fixed income) untuk dapat membeli rumah bersubsidi dengan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) maupun KPR Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

"Pangsa pasar perumahan itu hampir 65 persen adalah non fixed income. Bagaimana caranya agar kelompok masyarakat ini juga bisa membeli rumah melalui BP Tapera," kata Totok.

Sementara itu, Direktur Konsumer dan Komersial Bank BTN Hirwandi Gafar menyebutkan pihaknya juga belum menerima informasi akhir tentang harga rumah subsidi.

Baca juga : Kepala Daerah Kena Setrap

Namun disebutkan bahwa besaran harga jual rumah subsidi sudah ditetapkan (final) dan sekarang menunggu aturan pembebasan PPN-nya.

"Kita tunggu dan bersama-sama kita terus dorong ketentuan pembebasan PPN-nya cepat keluar," ungkapnya.

Senada dengan REI, Bank BTN juga memberi perhatian besar agar masyarakat non-fixed income dapat membeli rumah melalui KPR FLPP dan KPR Tapera yang saat ini dikelola BP Tapera.

Baca juga : Jasa Marga dan PTBA Lanjutkan Pengembangan PLTS di Jalan Tol

Bank BTN bersama Kementerian PUPR dan Komisioner BP Tapera kini sedang intens menggodok skema pembiayaannya.

Skema yang disiapkan antara lain KPR Rent to Own (RTO) dan KPR Staircasing Shared Ownership (SSO).

"Undang-undang Tapera menyebutkan ada peserta wajib Tapera yakni mereka yang memiliki pekerjaan tetap dan ada peserta mandiri yakni kelompok non-fixed income tadi. Kita dorong mereka untuk ikut program Tapera dan nanti dari tabungan dan iuran mereka setiap bulan bisa dinilai kemampuannya untuk mencicil KPR," jelas Hirwandi. Nov

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.