Dark/Light Mode

Pastikan Sembako Murah Sampai ke Pelosok, BUMN Gelar Pasar Rakyat di Gresik

Sabtu, 4 Maret 2023 10:45 WIB
Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga (tengah) membuka Pasar Rakyat BUMN, di Gresik, Jawa Timur, Kamis (2/3). (Foto: Istimewa)
Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga (tengah) membuka Pasar Rakyat BUMN, di Gresik, Jawa Timur, Kamis (2/3). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian BUMN menggelar Pasar Rakyat BUMN di Kabupaten Gresik untuk pastikan sembako murah dirasakan sampai pelosok Indonesia. Hal ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat sekaligus menjaga keseimbangan pasar. Kegiatan ini juga diikuti Bazaar UMKM lokal Gresik.

Pasar Rakyat BUMN ini digelar Stadion Petrokimia Gresik, Kamis (2/3). Kegiatan yang dibuka Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga, ini disambut antusias oleh 4.000 keluarga di Kabupaten Gresik.

Baca juga : Tingkatkan Kesadaran Terhadap Sampah Plastik, Sharp Edukasi Siswa di Surabaya

Dalam Pasar Rakyat BUMN ini, masyarakat menukar kupon seharga Rp 55 ribu yang paket berisi 5 kg beras, 1 kg gula, dan 1 liter minyak goreng. Paket yang setara dengan harga Rp 90 ribu itu tersedia untuk 4.000 kupon.

Sedangkan bazaar UMKM terpusat pada pemberian stand bazaar secara gratis kepada puluhan UMKM untuk menjual produk makanan serta kerajinan lokal. Acara dilanjutkan dengan audensi dengan pelaku UMKM secara langsung oleh Arya Sinulingga untuk menjawab kebutuhan mereka.

Baca juga : Wamenag Ingatkan Lembaga Pengelola Zakat Tidak Berpolitik

Dalam kegiatan yang digerakkan Petrokimia Gresik ini, Arya Sinulingga juga memberikan sosialisasi Program PNM Mekaar yang telah membiayai lebih dari 90 ribu keluarga di Gresik. Hal ini tentu akan mendorong peningkatan jumlah perempuan mandiri yang berdaya di Indonesia.

"Saat ini, dari 250 ribu keluarga di Kabupaten Gresik, jumlah keluarga prasejahtera hanya sekitar 70-80 ribu. BUMN siap membantu Pemerintah Kabupaten untuk mengangkat kesejahteraan masyarakat Gresik lewat program PNM Mekaar," ucap Arya dalam sambutannya, seperti keterangan yang diterima redaksi, Sabtu (4/3).

Baca juga : Jokowi Ingatkan Media, Jangan Sampai Kepleset Polarisasi

Operasi Pasar Rakyat BUMN ini dihadiri Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah Asisten 1 Pemkab Gresik, perwakilan Komandan Kodim, dan perwakilan Kapolres. Selain itu turut hadir Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten Gresik, beserta stakeholder terkait lainnya.

Dalam kegiatan itu, juga dilakukan penyerahan Nomor Induk Berusaha (NIB) secara simbolis kepada pelaku UMKM di Kabupaten Gresik. Diikuti dengan penyerahan alat Kesehatan berupa 2 ventilator dan oxygen concentrator oleh Yayasan BUMN untuk Indonesia kepada Pemkab Gresik. Acara ditutup dengan penyerahan sembako kepada rakyat.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.