Dark/Light Mode

Pastikan Stok Pupuk Aman

KSP Moeldoko Apresiasi Pupuk Kaltim Dukung Ketahanan Pangan

Senin, 6 Maret 2023 10:08 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (kelima kiri) mengapresiasi kinerja Pupuk Kaltim dalam mendukung ketahanan pangan Nasional. (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (kelima kiri) mengapresiasi kinerja Pupuk Kaltim dalam mendukung ketahanan pangan Nasional. (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)

 Sebelumnya 
Seluruh upaya tersebut, kata dia, tentunya harus didukung ketersediaan pupuk memadai, agar petani mampu meningkatkan kapasitas produksi dengan lebih signifikan.

"Kebutuhan pangan bukan sekadar berbicara komoditas, tapi juga persoalan politik, jika tidak dikelola dengan baik," tegasnya.

PIhaknya sangat mengapresiasi kinerja Pupuk Kaltim selama ini dan berharap dapat terus menjalankan amanah dalam memenuhi ketersediaan pupuk, bagi petani secara cepat dan tepat. "Agar ketahanan pangan terus terjaga," harapnya.

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi menyambut optimis, dukungan Kantor Staf Kepresidenan terhadap penguatan sektor pertanian dalam mendukung ketahanan pangan nasional.

Baca juga : Ekonomi Perubahan Iklim Perkuat Kolaborasi Pusat Dan Daerah

Pihaknya berkomitmen, untuk senantiasa memastikan stok pupuk aman dan tersedia bagi para petani di seluruh wilayah Indonesia. Salah satunya, diwujudkan dengan memastikan operational excellence dijalankan dengan baik dan optimal, agar dapat memenuhi produksi dan stok sesuai target yang ditetapkan Pupuk Indonesia dan Kementerian Pertanian.

Rahmad menambahkan, pihaknya juga menjamin ketersediaan gudang yang memadai di berbagai wilayah, dengan melibatkan sejumlah pihak agar mampu mengatur ketersediaan stok.

"Saat ini, Pupuk Kaltim memiliki 137 gudang di Kalimantan, Sulawesi, NTB, Surabaya, Semarang, Medan, Dumai dan NTT (NusaTenggara Timur). Sehingga para petani, kios maupun distributor di seluruh wilayah distribusi perusahaan, dapat lebih mudah untuk mengambil stok di gudang terdekat," katanya.

Ia menambahkan, Pupuk Kaltim juga menggagas program Agrosolution, untuk membantu petani mencapai kesejahteraan sekaligus meningkatkan produktivitas komoditas pertanian secara terintegrasi, melalui pola pemberdayaan.

Baca juga : Lestarikan Kain Tradisional, Pupuk Indonesia Luncurkan Buku Wastra & Seni Berkain

Menurutnya program ini terbukti mampu mendongkrak hasil produksi berbagai komoditas pertanian dan berdampak signifikan terhadap kesejahteraan petani.

"Agrosolution salah satu langkah kami meningkatkan peran dalam menjaga ketahanan pangan, sekaligus mendorong optimalisasi sektor pertanian Indonesia melalui produk berkualitas," tutur Rahmad 

Ia memastikan, program ini akan terus dikembangkan dengan melibatkan rantai pasok dan didukung teknologi berbasis 3P untuk mendorong budidaya pertanian berkelanjutan.

Selanjutnya, perseroan juga menyasar berbagai pengembangan, diantaranya pembangunan pabrik baru di Papua Barat, yang saat ini masuk sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

Baca juga : Pupuk Indonesia Luncurkan Buku Wastra Nusantara Dan Seni Berkain

Hal ini sebagai upaya perusahaan, bersama Pupuk Indonesia Grup meningkatkan kontribusi dalam memenuhi kebutuhan pupuk dalam negeri.

"Selain itu untuk meningkatkan daya saing untuk menjadi pemain utama industri petrokimia di Asia Pasifik," pungkas Rahmad. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.