Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Serunya Ke Bandung Naik KA Panoramic: Fasilitas Lengkap, Interior Keren Bikin Betah

Kamis, 9 Maret 2023 11:32 WIB
VP Public Relations PT KAI, Joni Martinus (kiri) bersama beberapa reporter di KA Panoramic dari Jakarta menuju Bandung, Senin (6/3). (Foto: Irma Yulia/Rakyat Merdeka)
VP Public Relations PT KAI, Joni Martinus (kiri) bersama beberapa reporter di KA Panoramic dari Jakarta menuju Bandung, Senin (6/3). (Foto: Irma Yulia/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rakyat Merdeka bersama sejumlah media cetak, online dan TV berkesempatan menikmati suasana kereta api (KA) Panoramic, yaitu kereta dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama selama perjalanan, Senin (6/3).

Tepat pukul 08.10 WIB, KA Panoramic yang dirangkaikan pada KA Argo Parahyangan berangkat dari stasiun Gambir, Jakarta menuju stasiun Bandung.

Kereta ini didominasi jendela kaca berdimensi besar di kedua sisi, serta atap kaca yang memanjang dari depan hingga belakang. Sehingga, memberikan sensasi perjalanan yang berbeda dibandingkan KA lainnya.

Fasilitas yang ditawarkan juga lengkap, seperti snack, wifi. Terdapat rak bagasi dan mini pantry, hingga televisi di dinding ujung kereta. Bahkan, toilet yang disediakan sangat bersih, luas dan modern.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI membanderol tiket KA Panoramic jurusan kota kembang ini sebesar Rp 370.000 untuk satu kali perjalanan.

Baca juga : Kunjungi Cianjur, Wamenkes Minta Fasilitas Kesehatan Yang Rusak Diperbaiki

 

Kursi kereta api Panoramic yang luas dan nyaman, jendela yang didominasi kaca berukuran besar, sehingga penumpang melihat pemandangan luar lebih jelas. (Foto: Dok. Humas KAI)

 

Vice President (VP) Public Relations PT KAI, Joni Martinus menuturkan, okupansi KA Panoramic selalu penuh. Bahkan, selama Februari 2023, okupansinya mencapai 117 persen atau sebanyak 711 penumpang.

"Kok bisa lebih dari 100 persen? Karena ada penumpang dinamis. Misal, KA Panoramic relasi Bandung-Surabaya, penumpangnya turun di tengah jalan (stasiun tertentu), itu langsun diisi penumpang lain. Sehingga, tingkat keterisiannya (okupansi) tercatat sampai 117 persen," tutur Joni.

 

Interior kereta api Panoramic dengan jendela yang didominasi kaca dan atap kereta juga ada kaca memanjang. (Foto: Humas KAI)

Baca juga : Meski Banyak Dirundung Masalah, Pakar Digital: Citra Polri Semakin Membaik

 

Ia merinci, okupansi tersebut terdiri dari 405 pelanggan KA Argo Wilis Panoramic relasi Bandung - Surabaya Gubeng pp (pulang-pergi) dan 306 pelanggan KA Argo Parahyangan Panoramic relasi Gambir - Bandung pp.

Melihat tingginya animo masyarakat, perseroan berencana untuk menambah KA Panoramic tahun ini. Namun, relasi atau tujuannya belum ditentukan.

Sejak dioperasikan pertama kali pada saat Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru), 24 Desember 2022, hingga saat ini baru ada dua unit Kereta Panoramic dengan kapasitas per kereta sebanyak 38 tempat duduk.

Mendekati masa angkutan libur Lebaran, KAI kembali mengingatkan masyarakat untuk memesan tiket kereta api jauh-jauh hari. Termasuk, KA Panoramic. Joni menjelaskan, terdapat dua pola perjalanan Kereta Panoramic yaitu pola FIT (perorangan) dan pola charter atau sewa.

Baca juga : Peternak Terdampak PMK Bandung Barat Kembali Terima Bantuan Kementan

"Buat yang mau sewa KA Panoramic, kami siap. Nanti, waktu dan tujuannya, bisa disesuaikan tergantung permintaan," katanya.

 

VP Public Relation PT Kereta Api Indonesia (Persero) Joni Martinus (tengah berbaju putih) berfoto bersama dengan beberapa wartawan perwakilan dari berbagai media massa di Stasiun Bandung, Senin (6/3). (Foto: Humas KAI)

 

Untuk pemesanan pola charter dapat menghubungi Veronika di Nomor 0811 1220 7206, Rizka 0811 1220 7207 dan Tiko 0811 1220 7209. Sedangkan, bagi masyarakat yang ingin membeli tiket perorangan bisa melalui aplikasi KAI Access, website KAI dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.

Perjalanan Jakarta-Bandung dengan KA Panoramic begitu mengesankan, nyaman sekali. Tak terasa lama di perjalanan. Jarak tempuh 2 jam 50 menit, terasa begitu singkat. Grup "Duo Libra" yang menyanyikan beberapa lagu, cukup menghibur perjalanan.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.