Dark/Light Mode

Pentingnya Pendidikan Di Tengah Tantangan Krisis

Mas Menteri: Merdeka Belajar Cetak Inovasi

Kamis, 8 Desember 2022 07:55 WIB
Mendikbudristek Nadiem Makarim. (Foto: Setkab)
Mendikbudristek Nadiem Makarim. (Foto: Setkab)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus menyuarakan pentingnya pendidikan untuk dapat menjawab tantangan krisis iklim. Para akademisi selama ini berupaya mencari solusi perubahan iklim di dunia.Para akademisi selama ini berupaya mencari solusi perubahan iklim di dunia.

“Untuk menghadapi tan­tangan dunia terbesar saat ini, yaitu perubahan iklim, kita memerlukan gotong royong dari para ilmuwan, insinyur, aktivis, dan masih banyak pihak untuk bersama bergerak menjemput bola dan mencari solusi dengan cepat,” kata Mendikbudristek Nadiem Makarim di Jakarta, kemarin.

Nadiem bilang, skema ke­bijakan Merdeka Belajar pada pendidikan vokasi menyediakan solusi menghadapi krisis iklim. Berbagai inovasi telah dihadir­kan oleh pendidikan vokasi di Indonesia.

Baca juga : Pentingnya Integrasi Pendidikan SDM Dengan Teknologi

Menurut pria yang juga disapa Mas Menteri ini, sudah menjadi prioritas Kemendikbudristek untuk bisa menjawab kebutuhan zaman. Termasuk di dalamnya mempersiapkan SDM unggul yang mampu menciptakan solusi akan krisis iklim.

“Misalnya, dalam inovasi kendaraan listrik, kami me­nilai ini prioritas. Skema kebi­jakan kami di pendidikan vokasi dirancang untuk mendorong inovasi penciptaan teknologi terkait baik dari hulu hingga hilirisasi produk,” ujar jebolan Universitas Harvard, Amerika Serikat ini.

Inovasi-inovasi nyata karya anak bangsa ini untuk menangani krisis iklim semakin terakselerasi cepat. Insan pendidikan, mulai dari tingkat SMK, dan perguruan tinggi vokasi, mendukung upaya penanganan krisis iklim yang berkelanjutan dengan penerapan prinsip green economy di dalamnya.

Baca juga : Merdeka Belajar Dan Belajar Merdeka

Eks bos Gojek ini menjelas­kan, pembelajaran di pendidikan vokasi telah dan terus ditrans­formasi sesuai arahan Presiden Jokowi. salah satunya melalui pelibatan peran industri yang semakin masif.

Prosesnya tidak hanya da­lam penyiapan kurikulum, juga penyediaan tempat praktik kerja lapangan atau magang, peli­batan praktisi untuk mengajar, dan mengembangkan teaching factory.

Buktinya, saat ini semakin banyak kelas industri yang diselenggarakan di SMK dan perguruan tinggi vokasi.

Baca juga : Menko Airlangga Dan Menteri Agus Test Drive Toyota Kijang Innova Zenix

Contohnya, sejumlah poli­teknik bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menyusun panduan rencana pembelajaran untuk magang industri selama sedikitnya satu semester.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.