Dark/Light Mode

Dukung Produktivitas Petani, PKT Gelar Pelatihan Bikin Kompos Pakai Biodex

Jumat, 10 Maret 2023 13:50 WIB
Pelatihan pembuatan kompos dari Bioeex yang digelar PKT. (Foto: Dok. PKT)
Pelatihan pembuatan kompos dari Bioeex yang digelar PKT. (Foto: Dok. PKT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Guna meningkatkan pemahaman petani dalam mendorong produktivitas lahan pertanian, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) atau PKT menggelar pelatihan pembuatan kompos menggunakan Bioaktivator Biodex.

Pelatihan ini ditujukan buat Kelompok Tani Hutan (KHT) Mitra Wana Lestari, Kelurahan Karang Joang Kota Balikpapan. Kegiatan ini berlangsung awal Februari 2023, bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim.

Baca juga : Kyai Muda Dukung Ganjar Gelar Pelatihan Bilal Salat Tarawih Dan Idul Fitri

Vice President (VP) Marketing Business Partner Korporasi PkT, Indah Febrianty mengatakan, pelatihan ini didasari ketersediaan bahan baku berupa kiambang, yang banyak didapati di Danau Manggar Balikpapan.

Menurutnya, kiambang tersebut kerap menutupi permukaan air hingga dianggap mengganggu.

Baca juga : Peningkatan Kapasitas SDM, Mak Ganjar Gelar Latihan Bagi Pengrajin Batik

"Dengan pertumbuhan yang terbilang pesat, kiambang bisa dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan kompos," ujarnya, melalui siaran pers, Jumat (10/3).

Indah mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk memberdayakan potensi kelompok tani dengan meningkatkan pengetahuan serta pemahaman para petani. untuk memaksimalkan limbah organik, guna memacu potensi dan produktivitas lahan pertanian.

Baca juga : Kyai Muda Dukung Ganjar Gelar Penyuluhan Stunting Di Pacitan

Lebih lanjut Indah mengatakan, pelatihan ini juga bentuk komitmen PKT terhadap kemajuan sektor pertanian, melalui produk unggulan yang ramah lingkungan, melalui pemanfaatan serta penggunaan pupuk hayati bagi tanaman.

“Melalui pelatihan ini, petani bisa memanfaatkan bahan organik yang awalnya dianggap tidak bermanfaat, menjadi kompos yang berfungsi untuk lahan pertanian dan tanaman," ujar Indri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.