Dark/Light Mode

Dukung Produktivitas Petani, PKT Gelar Pelatihan Bikin Kompos Pakai Biodex

Jumat, 10 Maret 2023 13:50 WIB
Pelatihan pembuatan kompos dari Bioeex yang digelar PKT. (Foto: Dok. PKT)
Pelatihan pembuatan kompos dari Bioeex yang digelar PKT. (Foto: Dok. PKT)

 Sebelumnya 
Ke depan, kata Indri, para petani bisa memproduksi kompos sendiri untuk menekan biaya produksi dan kebutuhan pupuk tanaman.

Pelatihan pembuatan kompos ini bagian dari pendampingan PKT untuk memaksimalkan lahan garapan petani, dengan penerapan pemupukan berimbang. Sehingga, dapat meningkatkan kesuburan tanah.

Salah satunya, Biodex sebagai bioaktivator perombak atau pendegradasi bahan organik, hadir dengan konsep ramah lingkungan dan memiliki kemampuan mempercepat proses pengomposan secara efektif.

Baca juga : Kyai Muda Dukung Ganjar Gelar Pelatihan Bilal Salat Tarawih Dan Idul Fitri

Indri menjelaskan, Bioaktivator ini mampu meningkatkan unsur hara dalam tanah dengan lebih maksimal, karena diperkaya kandungan Trichoderma sp. yang berfungsi sebagai biopestisida. Sehingga, mampu menangkal berbagai macam patogen maupun jamur.

"Biodex juga dapat diaplikasikan, tanpa harus menambahkan bahan lainnya seperti molase atau tetes tebu sebagai katalisator," jelasnya.

Hal ini, salah satu wujud aktif Pupuk Kaltim dalam memperbaiki kualitas tanah guna mendukung produktivitas pertanian secara berkelanjutan.

Baca juga : Peningkatan Kapasitas SDM, Mak Ganjar Gelar Latihan Bagi Pengrajin Batik

Selama pelatihan, anggota kelompok tani Hutan Mitra Wana Lestari dijelaskan tata cara pengaplikasian Biodex pada bahan baku kiambang dan daun bambu

Dinas Kehutanan Kaltim, yang diwakili Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala UPTD KPHL Balikpapan M Nasir, mengapresiasi, kontribusi PKT mengedukasi petani untuk mendorong produktivitas pertanian, melalui pemanfaatan bahan organik menjadi kompos.

Ia mejelaskan, kiambang selama ini dianggap mengganggu dan kerap dibuang masyarakat sehingga menjadi limbah tak terpakai. "

Baca juga : Kyai Muda Dukung Ganjar Gelar Penyuluhan Stunting Di Pacitan

Dengan pelatihan ini, para petani mampu memaksimalkan potensi kiambang untuk digunakan sebagai pupuk organik, guna mendororong produktivitas lahan dan tanaman," ujarnya

Ia berharap, kegiatan serupa bisa dilaksanakan secara berkesinambungan, sebagai bentuk pendampingan bagi para petani dalam mengelola lahan agar lebih produktif. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.