Dark/Light Mode

Himbara Didorong Tak Takut Kucurin KUR

Regulasi Menko Airlangga Penuhi Kebutuhan UMKM

Senin, 13 Maret 2023 07:30 WIB
Direktur Bisnis Mikro BRI Supari. (Foto: Dok. BRI).
Direktur Bisnis Mikro BRI Supari. (Foto: Dok. BRI).

 Sebelumnya 
Pertumbuhan UMKM

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara menegaskan, bank perlu mem­permudah pemberian KUR karena akan berdampak terhadap pertumbuhan UMKM.

Ia meminta, bank tidak perlu khawatir memberikan bunga yang tergolong kecil karena selisihnya akan dibayarkan negara.

Baca juga : Mentan Dorong Kambing Dan Domba Kulonprogo Banjiri Kebutuhan Nasional

Suahasil menegaskan, bank tidak akan rugi jika menerapkan bunga KUR 6 persen. Karena, selisih bunga yang sesungguh­nya dibayar oleh Direktorat Perbendaharaan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

“Itu kenapa saya harap, bank jangan kasih bunga tinggi, yang wajar saja,” tutur Suahasil di Kalimantan Barat, Rabu (8/2).

Ditegaskannya, Pemerintah bu­kan hanya sekadar menginginkan penyaluran KUR yang tinggi, me­lainkan pertumbuhan UMKM.

Baca juga : Menko Polhukam: Memang Peristiwanya Pembunuhan Kejam Berencana

“Usaha mikro menjadi kecil, dan yang kecil menjadi usaha me­nengah. Tugas Kemenkeu bukan hanya menyalurkan permodalan usaha, melainkan untuk mem­bimbing supaya bisa mematuhi aturan-aturan, termasuk pajak dan penerimaan daerah,” tegasnya.

Bimbingan kepada pelaku usaha, sambung Suahasil, untuk memahami aturan-aturan seperti pajak. Karena pajak digunakan untuk kembali membangun UMKM lainnya. Dikumpulkan dari masyarakat, dan dikemba­likan kepada masyarakat.

Pihaknya juga mendorong pelaku usaha agar bisa melakukan ekspor. “Kami juga telah mem­fasilitasi UMKM dengan mem­bantu mencarikan pasar yang strategis untuk menjual barang dan jasa,” pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.