Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Top! Indah Kiat Pulp & Paper Sabet Penghargaan Mitra KLHK Terbaik 2023

Kamis, 16 Maret 2023 17:02 WIB
Menteri LHK Siti Nurbaya menyerahkan penghargaan untuk PT Indah Kiat Pulp & Paper yang diterima Direktur APP Sinar Mas, Soewarso. (Foto: Ist)
Menteri LHK Siti Nurbaya menyerahkan penghargaan untuk PT Indah Kiat Pulp & Paper yang diterima Direktur APP Sinar Mas, Soewarso. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk mendapatkan penghargaan Mitra KLHK Terbaik 2023 sebagai pemegang Perizinan Berusaha Pemanfaataan Hutan (PBPH) yang berjasa meningkatkan kinerja Hutan Tanaman Industri (HTI) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya dalam peringatan Hari Bakti Rimbawan ke 40 yang mengambil tema “Hijaukan Bumi dan Birukan Langit” di Gedung Manggala Wanabakti, Kamis (16/3). 

Penghargaan ini dberikan karena PT. Indah Kiat Pulp & Paper merupakan representasi dari perusahaan-perusahaan mitra pemasoknya pemegang PBPH, dan dinilai bisa bekerja sama dengan baik antara peningkatan kinerja HTI, juga mengakomodasi kepentingan bisnis dan harapan masyarakat. Penghargaan dari Menteri LHK Siti Nurbaya tersebut diterima oleh Direktur APP Sinar Mas, Soewarso. 

“Meskipun tidak mudah, tetapi Perusahaan bisa mengakomodasi kepentingan bisnis dan harapan masyarakat dengan bekerja sama,” ujar Siti Nurbaya. 

Baca juga : Gaet SWA Dan PWI, Indah Kiat Pulp & Paper Tanam Mangrove Di Mauk Tangerang

Pada kesempatan tersebut, Soewarso mengatakan, perusahaan akan bersinergi agar kepentingan bisnis, kepentingan lingkungan dan kepentingan sosial bisa berjalan dengan baik. “Bisnis akan bisa berkelanjutan bila masyarakat sejahtera dan lingkungan tetap terjaga,” ujar Soewarso.

Siti juga mengapresiasi upaya para rimbawan yang telah memperjuangkan penyelamatan hutan dan lingkungan di Indonesia. Ia juga menyoroti perubahan mendasar yang telah terjadi di Kementerian KLHK selama sembilan tahun terakhir di bawah kepemimpinannya. 

Perubahan-perubahan tersebut menurut Menteri LHK memperkuat kerangka kerja untuk melindungi hutan dan lingkungan di Indonesia secara lebih berkelanjutan dan bertanggung jawab. 

“Hal ini menunjukkan bahwa Kementerian KLHK mempunyai komitmen untuk menjaga keberlanjutan lingkungan Indonesia dan mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pengelolaan sumber daya alam,” ujar Siti. 

Baca juga : Top, Jateng Juara Capaian Persentase Penyelesaian Rekomendasi BPK Terbaik Se-Indonesia

Menurutnya, KLHK telah mengubah paradigma menjadi model yang lebih berpihak pada masyarakat dalam kelola hutan, khususnya masyarakat adat yang memiliki kearifan lokal dalam pengelolaan sumber daya alam.

Selain itu, adanya perubahan orientasi dari orientasi bisnis yang hanya fokus pada pengelolaan kayu (timber management) menjadi orientasi pada pengelolaan kawasan hutan secara holistik yang berkelanjutan (forest landscape management) dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan dengan mengedepankan sustainable forest management. 

Kementerian KLHK telah memberikan perhatian yang lebih besar pada perlindungan dan pemulihan lingkungan dengan memperhatikan ekosistem dan keberlangsungan hidup dengan membangun pusat-pusat persemaian yang hasilnya diberikan kepada masyarakat secara luas. 

Sementara itu terkait dengan circular economy, pengendalian sampah dan limbah, KLHK telah memperkenalkan konsep ekonomi sirkular untuk mengurangi sampah dan limbah, serta memperkuat sistem pengendalian limbah di Indonesia.

Baca juga : Top, KAI Sabet 2 Penghargaan Dari Menteri BUMN Pada BCOMSS 2023

Terkait dengan langkah-langkah birokratis, KLHK telah mengembangkan sistem kerja yang lebih efisien dan efektif untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. Sedangkan untuk restorative justrice, kementrian telah menerapkan prinsip restorative justice dalam penegakan hukum lingkungan untuk memperbaiki kerusakan lingkungan yang telah terjadi dan memberikan keadilan bagi masyarakat yang terdampak.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.