Dark/Light Mode

Fokus Pada Pendidikan Dan Dakwah, Laznas BMH Distribusikan Rp 235 Miliar Di 2022

Jumat, 17 Maret 2023 13:52 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejak berdiri di 2021, Lembaga Zakat Nasional (Laznas) Baitul Maal Hidayatullah (BMH) hingga 2022 telah tersebar di 34 provinsi di Indonesia yang menyasar daerah pedalaman hingga 3T, dengan 118 kantor pelayanan. 

Pada tahun lalu, Laznas BMH telah mendistribusikan dana Rp 235 miliar pada 2022. Dana itu diserahkan kepada 1.177.804 mustahik atau penerima manfaat melalui empat program.

"BMH juga melaksanakan berbagai macam program di berbagai sektor dakwah, pendidikan, ekonomi hingga sosial kemanusiaan," kata Ketua Pengurus Laznas BMH, Firman ZA, di Jakarta, Kamis (16/3).

Baca juga : Allo Bank Raup Untung Hingga Rp 270 Miliar Di 2022

Dalam pelaksanaan program-programnya, BMH bekerja sama dengan berbagai stakeholder, mulai dari Pemerintah, swasta maupun masyarakat.

Direktur Utama Laznas BMH, Suspendi menambahkan, pihaknya juga terus menambah jaringan di seluruh Indonesia.

Perluasan jaringan ini juga sebagai upaya menyalurkan keberkahan dan kebaikan zakat agar bisa menyentuh dan bisa menjangkau saudara-saudara di berbagai pelosok Nusantara.

Baca juga : Duh, Barca Dituduh Nyogok Wasit Rp 22 Miliar

Suspendi menambahkan, target pertumbuhan dana Laznas BMH di tahun 2023 adalah sebesar 12 persen.

"Insya Allah, kami targetkan pertumbuhan 12 persen atau Rp 315 miliar, naik dari tahun sebelumnya," kata Suspendi.

Dia menjelaskan core program BMH adalah dakwah dan pendidikan, dengan menitikberatkan semua program BMH kepada proses pencerahan dan proses pendidikan.

Baca juga : Rekening Rafael Alun Dan Keluarga Yang Diblokir PPATK Nilainya Rp 500 Miliar

"Kami meyakini bahwasanya suksesnya sebuah Lembaga Amil Zakat bukan hanya diukur berapa banyak mustahik yang diantarkan untuk menjadi muzakki, tapi kami meyakini bahwa salah satu kesuksesan Lembaga Amil Zakat ketika salah satunya adalah bisa mengantarkan mustahik untuk lebih dekat kepada Rabb-Nya," tegas Suspendi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.