Dark/Light Mode

Gantikan Haru Koesmahargyo

Nixon Janji Jadikan BTN Lebih Modern & Kekinian

Sabtu, 18 Maret 2023 07:30 WIB
Komisaris Utama Bank Tabungan Negara (BTN) Chandra M Hamzah (kiri) memberikan selamat kepada Nixon LP Napitupulu (tengah) yang ditunjuk menjadi Direktur Utama BTN dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Kamis (16/3). Ikut hadir di acara itu Wakil Komisaris Utama Iqbal Latanro (kanan). (Foto: Dok. BTN).
Komisaris Utama Bank Tabungan Negara (BTN) Chandra M Hamzah (kiri) memberikan selamat kepada Nixon LP Napitupulu (tengah) yang ditunjuk menjadi Direktur Utama BTN dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Kamis (16/3). Ikut hadir di acara itu Wakil Komisaris Utama Iqbal Latanro (kanan). (Foto: Dok. BTN).

 Sebelumnya 
BTN juga akan fokus pada penghimpunan DPK Low Cost dengan meningkatkan CASA (Current Account Saving Ac­count) pada segmen ritel dan institusi. Serta membangun kapabilitas untuk peningkatan CASA pada segmen wholesale banking.

Kemudian, lanjut Nixon, per­seroan juga berupaya meningkat­kan sumber fee berbasis layanan dan transaksional. Terutama pada bisnis wealth management, digi­tal banking dan corporate.

“Dan terakhir, mempercepat penyelesaian kredit macet serta melanjutkan inisiatif penjualan aset (asset sales) secara bulk,” tuturnya.

Tak hanya itu, sebagai nakhoda baru, Nixon berambisi melakukan modernisasi BTN. Dia mengakui, saat ini BTN masih sangat fokus di mortgage bank. Namun, BTN juga punya kemampuan di bidang konsumer lain.

Nixon berjanji akan menjadikan BTN lebih modern. Terutama dengan mengadopsi teknologi mo­bile banking first yang keselu­ruhan didorong ke arah digital. Proses menuju modernisasi BTN tidak lama lagi.

Baca juga : Ratusan Warga Antre Bazar Sembako Murah Relawan Sandiaga Uno

Menurutnya, BTN akan menjadi satu profil bank yang lebih modern dibanding hari ini. Pihaknya akan repositioning brand BTN supaya terlihat lebih kekinian dan diterima oleh masyarakat.

“Jadi, brand BTN tidak saja dianalogikan sebagai KPR, tapi juga sebagai Bank Tabungan. Sesuai dengan namanya Bank Tabungan Negara,” tegas Nixon.

Menyoal ini, pengamat properti dan Chief Executive Officer (CEO) Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda mengata­kan, ditunjuknya nakhoda baru di BTN diharapkan penyaluran KPR di BTN makin kencang.

Apalagi, selama ini BTN telah memainkan peran yang baik sebagai bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) khusus pembiayaan perumahan.

“Dengan pemimpin baru, harapannya akan ada perbaikan dari sisi kinerja perusahaan. Gonta-ganti direksi dan komisa­ris itu lumrah. Tujuannya, selain penyegaran, juga mendorong BTN semakin lebih baik ke de­pannya,” kata Ali kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : GINZA MakZimalkan Dirimu Jadi Lebih Percaya Diri

Menurutnya, posisi BTN se­bagai bank yang khusus menyalurkan kredit perumahan rakyat dengan pangsa pasar lebih dari 90 persen, harus terus diperkuat. Baik itu dari sisi permodalan maupun dari sisi brand BTN.

“Saya rasa BTN selama ini sudah menjalankan program sesuai porsinya,” ucap Ali.

Namun, ke depan Ali me­naruh harapan besar, BTN bisa berinovasi dalam meningkatkan kinerja perusahaan.

“Terutama dari sisi digital, sebagaimana upaya transformasi digital di perusahaan-perusahaan pelat merah,” tukas Ali.

Rombak Direksi

Baca juga : Airin Minta Didoakan Jadi Gubernur Banten

Adapun susunan anggota Direk­si Perseroan yang baru menjadi, Direktur Utama Nixon LP Na­pitupulu, Wakil Direktur Utama Oni Febriarto Rahardjo, Direktur Consumer Hirwandi Gafar, Direk­tur Finance Nofry Rony Poetra, Direktur Human Capital, Com­pliance and Legal Eko Waluyo, dan Direktur Asset Management Elisabeth Novie Riswanti.

Selanjutnya, Direktur IT & Digital Andi Nirwoto, Direktur Distribution and Funding Jas­min, Direktur Risk Management Setiyo Wibowo, serta Direktur Institutional Banking Hakim Putratama. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.