Dark/Light Mode

Resmi Berpisah

Kinerja MIND ID & Inalum Diyakini Makin Kinclong

Sabtu, 25 Maret 2023 07:30 WIB
Direktur Utama MIND ID, Hendi Prio Santoso. (Foto: Ist).
Direktur Utama MIND ID, Hendi Prio Santoso. (Foto: Ist).

RM.id  Rakyat Merdeka - Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pertambangan atau MIND ID, resmi memisahkan (split off) MIND ID dan PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum). Langkah ini diprediksi membuat kinerja kedua perusahaan tersebut lebih kinclong.

Semula, MIND ID dan Inalum merupakan satu entitas. Dengan pemisahan ini, Inalum kini menjadi anggota holding.

Corporate Secretary MIND ID Heri Yusuf menjelaskan, keputusan tersebut sesuai dengan implementasi dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 45 tahun 2022, mengenai Pengurangan Penyertaan Modal Negara (PMN) Republik Indonesia pada Perusahaan Perseroan (Persero) PT Indonesia Asahan Aluminium.

Baca juga : Produksi Ban Tahun Ini Diramal Makin Kenceng

Serta PP Nomor 46 tahun 2022 mengenai PMN Republik Indonesia untuk pendirian Pe­rusahaan Perseroan (Persero) di Bidang Pertambangan. Tu­juan dari transformasi MIND ID-Inalum yaitu, memisahkan fungsi holding dan operasional yang selama ini melekat pada satu entitas perusahaan.

“Kini Inalum menjadi anggota holding dan bisa lebih leluasa melakukan pengembangan, khususnya hilirisasi,” jelas Heri di Jakarta, Selasa (21/3).

Dengan transformasi ini, MIND ID juga akan lebih efek­tif dan efisien mengelola rencana proyek bisnis serta investasi yang menciptakan nilai tambah bagi grup.

Baca juga : Kemenperin Pacu Kinerja Industri Furnitur Dan Kerajinan

“Transformasi ini akan mem­perkuat tata kelola MIND ID, sehingga dapat mengoptimalkan kontribusi perusahaan kepada seluruh stakeholder.

Melalui pemisahan ini, kini Inalum sejajar dengan PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk, PT Freeport Indonesia, dan PT Vale Indone­sia Tbk.

Menurut Heri, Inalum akan fokus pada pengembangan industri aluminium nasional. Serta melakukan ekspansi bisnis yang lebih besar, peningkatan modal usaha dan memberikan manfaat yang sustainable kepada seluruh pemangku ke­pentingan.

Baca juga : Diramal Bersinar, Anak Ronaldinho Gabung Ke Barcelona

Selain itu, manajemen Inalum akan fokus pada pengembangan operasional di ekosistem hilirisasi aluminium nasional. Baik dalam hal pengembangan lingkup supply chain aluminium, maupun pengembangan green energy. Lalu, fokus menjadi market leader aluminium dan meningkatkan pangsa pasar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.