Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Belum Sepekan Berkuasa, Anwar Ibrahim Digoyang Mosi Tidak Percaya

Selasa, 29 November 2022 07:05 WIB
Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim. (Foto Net)
Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim. (Foto Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Belum sepekan menjabat, posisi Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim sudah digoyang kubu oposisi yang dipimpin Muhyiddin Yassin. Ketua Perikatan Nasional (PN) itu menantang Anwar untuk menunjukkan bahwa dia mendapat dukungan mayoritas dari anggota parlemen.

Tantangan tersebut disambut Anwar. Ketua Pakatan Harapan (PH) itu bakal menggelar mosi percaya di hari pertama parlemen dibuka pada 19 Desember mendatang.

Baca juga : PM Malaysia Anwar Ibrahim Tolak Pakai Limousine Mercy S600

Diketahui, Pemilu ke-15 di Malaysia yang digelar Sabtu, 19 November 2022, berlangsung sengit. Berdasarkan hasil penghitungan suara, pemilu tersebut menghasilkan parlemen menggantung tanpa pemenang mayoritas absolut 112 suara untuk membentuk pemerintahan.

Tiga koalisi utama, yaitu PN meraih 82 kursi, PH mengekor di 73, dan Barisan Nasional (BN) 30 kursi. Muhyiddin mendesak Anwar bisa menunjukkan bahwa ia memiliki dukungan yang cukup.

Baca juga : Anwar Ibrahim Patut Dicontoh

Sebab, Muhyiddin mengklaim mendapat dukungan 115 anggota parlemen, termasuk 10 anggota parlemen BN.

“Demi kepercayaan rakyat, Anwar harus membuktikan bahwa dia mendapat dukungan mayoritas anggota Dewan Rakyat,” kata Muhyiddin dalam konferensi pers, Kamis (24/11), dilansir The Star.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.