Dark/Light Mode

Mudik Lebaran, Penumpang Pelni Diprediksi Melonjak 125 Persen

Selasa, 28 Maret 2023 11:32 WIB
Kapal Pelni. (Foto: Dok. Pelni)
Kapal Pelni. (Foto: Dok. Pelni)

 Sebelumnya 
Kemudian, kata Anda, Pelni juga menyiapkan 48.539 seat yang terdiri sebanyak 32.447 Seat terpasang pada kapal penumpang dan 16.092 seat pada kapal perintis.

Pada arus mudik tahun ini, lanjut Anda, Pelni telah memprediksi beberapa pelabuhan keberangkatan padat penumpang seperti Makassar, Surabaya, Balikpapan, Ambon dan Bau-Bau. Sedangkan untuk pelabuhan kedatangan padat penumpang meliputi Surabaya, Makassar, Bau-Bau, Ambon dan Belawan.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, Pelni juga telah mengajukan izin untuk penyesuaian rute dan jadwal kapal kepada Kementerian Perhubungan.

Baca juga : Marak Pesan Pencuri Data Pribadi, Ini Tips Dari Telkomsel

"Kami mengingatkan kepada calon pelanggan untuk memanfaatkan aplikasi Pelni Mobile untuk membeli tiket jauh-jauh hari dan melaporkan apabila melihat dan mengalami tindakan percaloan, agar segera kami tindak tegas," ucapnya.

Anda mengungkapkan, Pelni telah mempersiapkan armadanya sebaik mungkin. Misalnya, melakukan perawatan tahunan pada enam armadanya sebelum masa peak season. Diantaranya KM Lambelu, KM Leuser, KM Sinabung, KM Bukit Siguntang, KM Awu dan KM Nggapulu.

"Pelni juga memastikan alat keselamatan di atas kapal penumpang dan perintis dalam kondisi aman. Alat keselamatan tersebut meliputi 350 sekoci, 2.291 life raft, 88.709 life jacket, dan 1.083 life buoy," jelasnya.

Baca juga : Masuk Rumah Orang, Numpang Tidur Pulas

Anda menuturkan, untuk ketentuan perjalanan dengan kapal Pelni, calon penumpang yang telah melakukan vaksin dosis kedua dan vaksin dosis ketiga (booster) tidak perlu lagi menunjukan syarat perjalanan berupa antigen maupun PCR.

Untuk penumpang di wilayah 3TP juga tidak perlu menunjukkan syarat perjalanan berupa antigen maupun PCR.

"Pelni juga mengimbau seluruh calon penumpang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan 3M, menggunakan masker selama pelayaran berlangsung, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta rajin mencuci tangan," ujar Anda. ■.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.