Dark/Light Mode

Gandeng ALFI dan LIP, Kadin Genjot Kualitas SDM Logistik Di Puluhan Kampus

Kamis, 30 Maret 2023 08:44 WIB
Kerja sama Kadin, ALFI dan LIP dalam meningkatkan kualitas SDM logostik. (Foto: Dok. Kadin Indonesia)
Kerja sama Kadin, ALFI dan LIP dalam meningkatkan kualitas SDM logostik. (Foto: Dok. Kadin Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Logistik dan Rantai Pasok Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggadeng Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI), ALFI Institute serta Lembaga Sertifikasi Profesi Logistik Insan Prima (LSP LIP) menggelar program vokasi SDM di bidang logistik. Kolaborasi tiga pihak itu menargetkan bisa merambah ke 20 universitas di Indonesia.

Kerja sama tersebut dituangkan dalam memorandum of understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Kepala Badan Logistik dan Rantai Pasok Kadin Indonesia Akbar Djohan, Ketua Umum DPP ALFI Yukki N Hanafi, Course Director ALFI Institute M. Supriyanto, dan Direktur Utama PT Logistik Insan Prima Henry Ruswoto, di Jakarta, Rabu (29/3).

Baca juga : PLN UIP JBB Genjot Keandalan Sistem Kelistrikan Di Menes Baru-Pandeglang

Akbar Djohan mengatakan, MoU ini untuk membangun kemitraan dan sinergi antara Kadin dan asosiasi di sektor logitik melalui program pengembangan SDM dalam bidang freight forwarding, logistik, rantai pasok, serta uji kompetensi.

"Dengan ALFI akan ada kerjasama platform pelatihan online. Sementara, dengan ALFI Institute ada kerja sama penyelenggaraan program dukungan ke kampus, seminar, workshop, dan pelatihan bidang freight forwarding, logistik dan supply chain management," tutur Akbar dalam keterangan resminya, Kamis (29/3).

Baca juga : Perumnas Genjot Kualitas Pendidikan & Lingkungan Di Makassar

Sementara itu, kata Akbar, MoU Kadin dan PT Logistik Insan Prima ditandatangani untuk kerja sama tentang penyelenggaraan program uji kompetensi sertifikasi profesi bidang logistik, transportasi dan supply chain management.

"Ruang lingkup kerja sama ini meliputi perencanaan dan persiapan asesmen kompetensi, penyiapan asesor kompetensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)," jelasnya.

Baca juga : Gandeng PLN, Casion Bikin Charging Station Di Ciputra World

Akbar menilai, Kadin dan ALFI memberikan perhatian pada SDM yang handal dan dibutuhkan untuk menghadapi perkembangan di bisnis logistik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.