Dark/Light Mode

Diresmikan Jokowi, KEK Lido Targetkan Serap Investasi Rp 694 Miliar di 2023

Jumat, 31 Maret 2023 14:27 WIB
Presiden Joko Widodo dalam peresmian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido, di kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/3). (IST)
Presiden Joko Widodo dalam peresmian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido, di kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/3). (IST)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan kawasan ekonomi khusus (KEK) Lido di kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/3).

Proyek yang digarap anak usaha grup MNC milik Hary Tanoesoedibjo, PT MNC Land Tbk (KPIG), itu berada di atas lahan seluas 1.040 hektare.

Jokowi mengaku senang di KEK Lido terdapat beragam pilihan wisata, seperti theme park, movie land, water park, techno park, hingga kawasan ekonomi.

"Semuanya komplit. Jadi, ke depannya diharapkan tidak ada lagi masyarakat kita yang lebih senang liburan ke luar negeri daripada di negerinya sendiri," tutur Presiden.

Baca juga : Diresmikan Jokowi, KEK Lido Bakal Jadi Wahana Wisata Yang Mempesona

Jokowi mengungkapkan, masyarakat Indonesia yang liburan keluar ada 11 juta, kalau diambil separuh saja tentu devisanya tidak terbuang, masuk ke negara ini.

"Ini yang diharapkan Pemerintah agar pembangunan infrastruktur yang berjalan secara ekonomis dimanfaatkan oleh sektor swasta,” ungkap Presiden.

KEK Lido berkomitmen untuk merealisasikan investasi hingga 2.4 miliar dolar AS atau setara Rp 32 triliun. Serta menyerap 29.545 tenaga kerja dalam kurun waktu 20 tahun.

Dengan tema pariwisata dan industri kreatif, KEK Lido diharapkan dapat menekan outflow devisa dari wisatawan nasional hingga 4.1 miliar dolar AS dalam 20 tahun ke depan.

Baca juga : Fokus Pada Pendidikan Dan Dakwah, Laznas BMH Distribusikan Rp 235 Miliar Di 2022

"Khusus di tahun ini, KEK Lido berkomitmen menyerap investasi sebesar Rp 694 miliar dan menyerap tenaga kerja sebanyak 877 orang,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, yang juga merupakan Ketua Dewan Nasional KEK saat mendampingi Presiden Joko Widodo dalam kesempatan peresmian KEK Lido tersebut.

Hingga Maret 2023, total realisasi investasi di KEK Lido tercatat telah mencapai Rp 3,4 triliun, naik 72,5 persen atau sebesar Rp 1,4 triliun rupiah dibandingkan 2021.

Investasi tersebut mencakup investasi pembangunan kawasan dan investasi pelaku usaha dalam kawasan.

Sementara, jumlah tenaga kerja yang terserap hingga saat ini mencapai 1.690 orang, mengalami kenaikan 671,6 persen atau sebanyak 1.471 orang dibandingkan 2021.

Baca juga : Lewat Program Hilirisasi, Ekonom Optimis Bahlil Mampu Capai Target Realisasi Investasi Rp. 1.400 T di tahun 2023

Pelaksanaan investasi di KEK Lido sendiri terbagi dalam 3 tahap yakni tahap 1 dengan target Rp 14,2 triliun, tahap 2 dengan target Rp 5,8 triliun, dan tahap 3 dengan target Rp 12 triliun.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.