Dark/Light Mode

Soal Pemindahan Ibu Kota, Apindo: Ada 3 Hal Yang Perlu Dilakukan Pemerintah

Senin, 26 Agustus 2019 18:09 WIB
Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani. (Foto: net)
Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani. (Foto: net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengatakan ada tiga hal yang harus diperhatikan pemerintah agar proses pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur (Kaltim) berjalan lancar. Salah satunya soal konsistensi program itu.

Hal tersebut dikatakan Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani saat berbincang dengan Rakyat Merdeka, Senin (26/8).

Baca juga : Ini Alasan Jokowi Soal Pemindahan Ibu Kota Negara

Tiga faktor yang harus diperhatikan itu adalah; pertama soal perhitungan investasi. Presiden Jokowi mengatakan dalam pembangunan ibu kota baru akan melibatkan swasta. 

"Perhitungan investasinya harus clear biar swasta masuk. Nanti kalau tidak sesuai pengusaha akan berpikir ulang," ujarnya.

Baca juga : Ibu Kota Pindah Ke Kaltim, Begini Tanggapan Pengusaha

Kedua, lanjut Hariyadi, pemeringah harus tetap konsisten terhadap program lain. Jangan sampai pemindahan ibu kota membuat program yang lain terganggu. 

"Jangan sampai konsentrasi yang lain terganggu. Semua energi terbuang di sana," ujarnya.

Baca juga : Usulkan Referendum Pemindahan Ibu Kota, Sandi Senewen

Ketiga adalah konsistensi. Menurut dia, pemindahan ibu kota membutuhkan waktu yang lama. Karena itu dibutuhkan konsistensi kebijakan. Jangan sampai pemerintahan ganti, program ini ganti juga. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.