Dark/Light Mode

Ibu Kota Pindah Ke Kaltim, Begini Tanggapan Pengusaha

Senin, 26 Agustus 2019 15:20 WIB
Ketua Umum Hippi Sarman Simanjorang (ketiga kiri). (Foto: Ist)
Ketua Umum Hippi Sarman Simanjorang (ketiga kiri). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Provinsi DKI Jakarta Sarman Simanjorang mendukung keputusan Presiden Jokowi yang memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

“Karena ini merupakan kebijakan pemerintah kita pelaku usaha tentu mendukung rencana tersebut,” ujarnya kepada Rakyat Merdeka, Senin (26/8).

Baca juga : Ibukota Pindah Ke Kalimantan, Telkomsel Perkuat Jaringan

Apalagi, kaya dia, tujuannya adalah dalam rangka pemerataan pembangunan ekonomi. Kini, pihaknya menunggu konsep atau grand design ibu kota tersebut dari sisi tata kotanya, sehingga pelaku usaha dapat berperan serta atau berinvestasi di sana.

Menurutnya, untuk membangun ibukota baru tentu ada yang menjadi tanggung jawab pemerintah ada yang memang menjadi peluang bagi swasta seperti fasilitas pendukung misalnya hotel, cafe/restoran, pusat perbelanjaan, perumahan, transportasi dll.

Baca juga : Ibu Negara Singapura Bela Gaji Suaminya Yang Sangat Besar

“Yang harus di waspadai adalah munculnya mafia-mafia tanah yang mengakibatkan harga tanah akan melonjak naik dan akan menyulitkan pelaku usaha yang akan investor. Ini agar serius di sikapi dan dijaga pemerintah,” ujarnya.

Menyangkut perizinan dunia usaha dengan perpindahan ibu kota, pihaknya mengusulkan agar Jakarta tetap diberi status khusus sebagai provinsi pusat Bisnis dan Ekonomi. Dengan status khusus tersebut Jakarta diberikan kewenangan khusus dalam memberikan perizinan kepada investor/pelaku usaha.

Baca juga : Usul Ibukota Negara Pindah Ke Jonggol Fadli Zon Bawa Pesan Sponsor?

“Atau PTSP nasional tetap berada di Jakarta sehingga para investor/pengusaha tidak perlu jauh-jauh ke Kalimantan untuk mengurus perizinannya,” ujarnya.

Dia berharap, dalam proses penyusunan perpindahan ibu kota ini selalu melibatkan dunia usaha dalam rangka menarik minat pengusaha untuk bersama sama mewujudkan ibukota negara tersebut. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.