Dark/Light Mode

JAS Sukses Layani Pesawat Kargo Terbesar Dunia di Kertajati

Sabtu, 1 April 2023 13:46 WIB
Pesawat kargo terbesar di dunia Antonov 124-100 Ruslan buatan Ukraina. (Foto: Istimewa
Pesawat kargo terbesar di dunia Antonov 124-100 Ruslan buatan Ukraina. (Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Pesawat kargo terbesar di dunia Antonov 124-100 Ruslan buatan Ukraina berhasil mendarat dan membongkar muatannya di Bandara Internasional Kertajati, Jawa Barat pada Rabu, (22/3) lalu. PT Jasa Angkasa Semesta Tbk (JAS) punya andil besar dalam menangani kedatangan pesawat itu.

Direktur Utama PT JAS Tbk Adji Gunawan mengaku tidak ada persiapan khusus dalam menangani Antonov, namun menjadi kebanggaan dan kehormatan tersendiri bagi PT JAS mendapatkan kesempatan menangani pesawat kargo terbesar.

Baca juga : Sinar Mas Land Dukung Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan

"JAS bangga mendapatkan kesempatan untuk menghandle (menangani) kedatangan pesawat cargo carrier terbesar di Indonesia. Ini merupakan sebuah sejarah karena dengan kompleksitas pesawat berbadan besar ini di Kertajati," kata Adji di Jakarta, Sabtu (1/4).

Adji mengungkapkan, pesawat Antonov tersebut membawa mesin milik salah satu perusahaan petrokimia Indonesia yang terbang dari Houston, Texas, Amerika Serikat pada Selasa (21/3).

Baca juga : KPU Uji Lagi Vermin Dan Verfak Prima

Sekedar informasi, Antonov AN 124 -100 memiliki panjang 69,1 meter dengan rentang sayap mencapai 73,3 meter. Pesawat ini mampu terbang hingga 15.700 kilometer dengan kecepatan jelajah 800- 850 km/jam dan mampu mengangkut beban hingga 150 ton.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.