Dark/Light Mode

Mitratel Siapkan Solusi Infrastruktur Digital Untuk Operator Telekomunikasi 

Rabu, 5 April 2023 22:34 WIB
Layanan Mitratel. (Foto: Istimewa)
Layanan Mitratel. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk atau Mitratel (MTEL) mencanangkan peta jalan (roadmap) pertumbuhan organik dan inorganik.

Roadmap ini  berdampak terhadap kinerja fundamental, sekaligus mendukung transformasi digital di Indonesia.

Baca juga : Ingin Pemudik Nyaman, Ganjar Pranowo Pantau Kesiapan Fisik Infrastruktur Jalan Jelang Lebaran

Direktur Utama Mitratel, Theodorus Ardi Hartoko mengatakan, tahun ini pihaknya berencana mengembangkan ekosistem bisnis menara dengan menambah jumlah menara telekomunikasi, membangun fiber optic, serta infrastruktur pendukung lainnya.

Ardi menambahkan fiber optik iniakan meningkatkan pendapatan dan laba bersih di periode mendatang. Hingga akhir tahun 2022, Mitratel memiliki 35.418 menara telekomunikasi sehingga Mitratel tercatat sebagai perusahaan yang memiliki menara terbanyak di Asia Tenggara.

Baca juga : Selamat, Bank DKI Dinobatkan Sebagai Bank Inovasi Digital Terbaik

Untuk semakin memperkuat fundamental bisnisnya, Perseroan menganggarkan belanja modal (capital expenditure/capex) di tahun 2023 senilai Rp 7 triliun. Yaitu, untuk menunjang rencana pengembangan usaha organik dan inorganik, seperti akuisisi menara telekomunikasi dan fiber optic.

“Mitratel siap merealisasikan rencana bisnis dan mengoptimalkan berbagai peluang bisnis di tahun 2023, yakni memonetisasi aset menara yang tersebar di berbagai lokasi strategis di seluruh Indonesia," ujar Ardi, di Jakarta, Rabu (5/4).

Baca juga : APJII Kukar Yakin IKN Majukan Infrastruktur Digital

Ardi menambahkan, pihaknya juga telah menyiapkan model bisnis terbaru, yaitu Fiber to the Tower dan Power to the Tower, yang memberikan layanan bernilai tambah kepada operator telekomunikasi yang menjadi pelanggan Mitratel.

Ia optimistis, bisa menjaga pangsa pasar di industri menara telekomunikasi, setelah perseroan menguasai pangsa pasar sekitar 40% di tahun 2022.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.