Dark/Light Mode

Dorong Kebangkitan Ekonomi, UMKM Unggulan Pertamina Mejeng di ICRAFT 2023

Minggu, 9 April 2023 05:00 WIB
UMKM Pertamina ikuti pameran ICRAFT 2023. (Foto: Dok. Pertamina)
UMKM Pertamina ikuti pameran ICRAFT 2023. (Foto: Dok. Pertamina)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina (Persero) terus berkomitmen dalam upaya mendukung kebangkitan perekonomian Indonesia dengan mengambil bagian dalam ajang Pameran Interior dan Craft (ICRAFT) 2023 di Cendrawasih Room Nomor 139 – 143 JCC pada 5 - 9 April 2023.

Kehadiran ICRAFT 2023 merupakan momentum kebangkitan kriya Indonesia dalam era ekonomi digital, sekaligus sebagai upaya memperluas akses pasar.

Di ajang ini, UMKM binaan Pertamina siap memamerkan produk - produk unggulannya, mulai dari Faiza Bordir, Haluan Bali, Batik Muria, Kraton Leather, Rumah BUMN (RB) Klungkung, dan Rumah BUMN (RB) Palangkaraya.

Baca juga : Penangkapan Bupati Meranti, OTT Pertama KPK Di Tahun 2023

Dengan mengusung tema “Kriya Indonesia Dalam Era Ekonomi Digital”, kegiatan ini diharapkan dapat membuat para pelaku UMKM semakin mengembangkan sistem digitalisasi pemasaran, agar dapat meningkatkan profit penjualan serta memasarkan produk ke pasar internasional.

VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso, mengatakan UMKM dituntut untuk melakukan inovasi produk serta mengimbangi pemasaran konvensional dengan pemasaran secara online.

UMKM juga harus mengikuti perkembangan era digital. Dimana branding dan pemasaran secara online menjadi hal yang sangat krusial.

Baca juga : Dongkrak Omzet, UMKM Binaan Pertamina Ikuti Bazar Ramadan

Pemanfaatan konsep pemasaran berbasis teknologi digital menjadi harapan bagi UMKM untuk terus berkembang, salah satunya melalui pemanfaatan sosial media.

“Selain biaya yang murah dan tidak harus memiliki keahlian khusus dalam melakukan inisiasi awal, media sosial secara langsung dianggap mampu untuk meraih konsumen secara luas,” ujar Fadjar.

Fadjar menambahkan, Pertamina juga memiliki marketplace smexpo.pertamina.com yang merupakan wadah Pemasaran digital produk mitra binaannya yang bisa diakses secara umum.

Baca juga : Penting, Keseimbangan Peningkatan Ekonomi & Penggunaan SDA Pada Pengembangan KEK Lido

Bahkan selama bulan Ramadan ini untuk meningkatkan penjualan, marketplace smexpo.pertamina.com juga menyediakan berbagai promosi dari gratis ongkos kirim, diskon harga, flash sale serta voucher potongan harga.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.