Dark/Light Mode

PNM Raih OMNI Brands of The Year 2023

Selasa, 11 April 2023 11:10 WIB
Penghargaan Marketeers OMNI Brands of The Year 2023 untuk PNM (Foto: Dok. PNM)
Penghargaan Marketeers OMNI Brands of The Year 2023 untuk PNM (Foto: Dok. PNM)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menjadi salah satu pemenang dalam Marketeers OMNI Brands of The Year 2023 pada Kategori 360° Brand Communication, di CGV FX Sudirman, Jakarta, Selasa (4/4). PNM dinilai berhasil mengkombinasikan kampanye online dan offline sepanjang 2022. Selain sukses memperkuat brand positioning sebagai BUMN yang fokus terhadap pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM), upaya tersebut juga berhasil meningkatkan performa bisnis.

Kesuksesan PNM terpotret dari pemulihan UKM setelah pandemi Covid-19 yang semakin terlihat. Ini berdasarkan dari jumlah kredit yang mampu terserap oleh usaha kerakyatan tersebut. Tercatat, pertumbuhan kredit hingga Agustus 2021 sebesar 2,43 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

Ada dua cara yang ditempuh PNM dalam mengejar pemulihan UKM. Pertama, dilakukan secara offline melalui pemberdayaan dan pembiayaan. Dari program pemberdayaan, perseroan menyelenggarakan kegiatan Madan Entrepreneurship Academy (MEA) yang diikuti 970 peserta.

Baca juga : Dirut PLN Raih Best CEO Digital Technology & Innovation Award 2023

Setelah sukses menciptakan produk baru, kemudian disempurnakan dengan program brand activation melalui ekspo produk-produk UKM. Sehingga dengan kata lain PNM turut andil dalam menciptakan pasar bagi usaha kerakyatan.

“Untuk mengoptimalkan penangan kemiskinan ekstrem di Indonesia, tentunya penting dilakukan dengan cara bekerja sama. Bukan hanya sekadar data melainkan program dengan adanya integrasi data P3KE dengan data nasabah PNM, akan membantu pelaksanaan program PNM ke depan. Hal ini juga sekaligus memberikan tambahan semangat bagi PNM, karena program yang dilakukan PNM sejalan dengan program prioritas pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan di Indonesia,” ucap Direktur Utama PNM Arief Mulyadi dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (11/4).

Hal yang paling unik lainnya, lanjut dia, adalah Desa Binaan Madani dan Pemberdayaan Kampung Madani. Program tersebut dilaksanakan di Jawa Barat dengan memberdayakan dan mengembangkan desa yang dapat menciptakan kemandirian dan kesejahteraan. Cara itu dilakukan dengan memberdayakan masyarakat agar dapat mengembangkan potensi di wilayahnya.

Baca juga : Plt Menpora Dan KONI Bahas Persiapan PON 2024

Sedangkan program Kampung Madani adalah kampung binaan PNM yang merupakan program pemberdayaan berbasis lokasi atau wilayah dengan melihat populasi nasabah dan non nasabah. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan citra PNM, meningkatkan kesadaran terhadap produk, menambah jumlah nasabah yang ujungnya yaitu memberikan peningkatan pendapatan perusahaan.

Kedua, dengan komunikasi kreatif melalui platform YouTube. Konten yang diunggah dalam akun itu seperti podcast kisah-kisah sukses UKM binaan PNM, serial kisah inspiratif, dan Program Bakool.

Pada Instagram, PNM turut melakukan brand activation dengan mengunggah berbagai konten yang menginspirasi. Beberapa konten yang mendapatkan perhatian dari warganet di antaranya seperti PNM Learning Festival, PNM Berinovasi, PNM Bagi Tabungan Kemerdekaan, dan Program Bakool. Semuanya diperuntukkan bagi pelaku UKM yang ingin naik kelas.

Baca juga : Keren! Dexa Group Raih PR Indonesia Awards 2023

“Tak hanya itu, digitalisasi dan pemanfaatan teknologi untuk bisnis juga tak luput dari pengembangan yang dilakukan PNM. Melalui aplikasi PNM Digi Nasabah, masyarakat dapat mengakses informasi mengenai kredit yang tersambung dengan tabungan emas di Pegadaian,” tutupnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.