Dark/Light Mode

TNI AL Gelar Manasik Calon Jemaah Haji 2023

Kamis, 9 Februari 2023 12:47 WIB
Kepala Dinas Pembinaan Mental Angkatan Laut (Kadisbintalal), Brigjen Marinir Sandy Muchjidin Latief membuka secara resmi bimbingan manasik bagi jemaah calon haji TNI AL Tahun 2023
Kepala Dinas Pembinaan Mental Angkatan Laut (Kadisbintalal), Brigjen Marinir Sandy Muchjidin Latief membuka secara resmi bimbingan manasik bagi jemaah calon haji TNI AL Tahun 2023

RM.id  Rakyat Merdeka - Dinas Pembinaan Mental Angkatan Laut (Disbintalal) menyelenggarakan bimbingan manasik bagi calon jemaah haji TNI AL Tahun 1444 H/2023 M di Masjid Al Arif Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (8/2).

Kepala Dinas Pembinaan Mental Angkatan Laut (Kadisbintalal), Brigjen Marinir Sandy Muchjidin Latief membuka secara resmi bimbingan manasik bagi jemaah calon haji TNI AL Tahun 2023 dengan diawali pembacaan ayat suci Alquran oleh Serda PDK Syahrul Qodri.

"Saya mengimbau kepada seluruh jamaah calon Haji TNI AL untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya agar bisa mengikuti tahapan demi tahapan manasik haji sehingga mengerti betul tentang teori dan praktek Manasik Haji yang benar," kata Kadisbintalal Brigjen Marinir Sandy, dalam keterangannya, Kamis (9/2).

Baca juga : Orang Muda Ganjar Bantu Perbaiki Jalan Raya Di Ende NTT

Acara dilanjutkan dengan pemberian materi penjelasan umum tentang penyelenggaraan ibadah haji tahun 2023 oleh Kolonel Laut KH Harun Arrasyid. Antara lain syarat, rukun dan hal yang membatalkan haji. Serta pembekalan macam-macam haji seperti qiron, tamat dan Ifrad oleh Drs H Kusnadi.

Sandy berharap agar calon jemaah haji dapat senantiasa berupaya meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Karena kedua hal tersebut merupakan modal dasar sebagai upaya mewujudkan Haji yang Mabrur.

Kegiatan ini selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Muhammad Ali agar seluruh prajurit TNI AL memperkuat keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Baca juga : PT KAI Acces Gelar Program Umroh Gratis

Hal ini sebagai landasan pengabdian yang penuh dengan ketulusan serta keikhlasan hati dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara di laut.

Bimbingan ini akan dilanjutkan pada Rabu pekan depan dengan penjelasan tentang maktab-maktab, tempat bersejarah, proses pemberangkatan, pemulangan dan tanya jawab oleh Kapten Laut KH Yusup Imannurdin.

Kemudian dilanjutkan dengan materi ceramah kesehatan haji oleh tim kesehatan haji Puskesmas Cipayung, serta ceramah tentang hakekat haji mabrur dilanjutkan tanya jawab oleh Letkol Laut (KH) H Bahrum.

Baca juga : KIB Segera Matangkan Capres Cawapres 2024

Dilanjutkan awal Maret para calon jemaah haji TNI AL mendapat materi akhlakul karimah haji oleh pembina, IV/a H Fana Kartiko dan ceramah sekitar ibadah haji dan keutamaannya.

Dilanjutkan tanya jawab oleh Kolonel Laut KH H Fauyan Asngari. Kegiatan diakhiri dengan praktek manasik haji oleh Pembina, IV/a H. Fana Kartiko dan Drs H Kusnadi pada 8 Maret 2023 mendatang.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.