Dark/Light Mode

Sukses Jalankan Transformasi Digital

Dirut PLN Sabet The Most Reputable CEO in Digital Platform

Kamis, 13 April 2023 17:19 WIB
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (Berdiri). (Foto: Dok. PLN)
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (Berdiri). (Foto: Dok. PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo sukses menyabet gelar The Most Reputable CEO in Digital Platform 2023 di perhelatan 12th Infobank Digital Brand Recognition 2023 di Jakarta, Rabu (12/4).

Gelar tersebut dikantongi Darmawan karena sukses melakukan transformasi digital pada proses bisnis yang dilakukan PLN dari hulu hingga ke hilir.

Tidak hanya itu, ide dan upaya transformasi digital yang dituangkannya di PLN juga mampu membawa PLN menjadi 'The Highest Digital Index' Perusahaan BUMN 2023, dan 'The Best' Perusahaan BUMN 2023 Aset >100 Triliun dari Infobank.

Baca juga : Terapkan Transformasi Digital, Perusahaan-Perusahaan Ini Raih Digitech Award 2023

Chairman Infobank Media Group, Eko B Supriyanto mengatakan, Award kali ini dinilai secara independen fair dan tidak ada intervensi manusia.

“Bapak ibu sekalian yang ada di sini, pasti perusahaannya kontennya bagus karena itu adalah salah satu syarat dari kita untuk menjadi penilaian,” kata Eko dalam keterangannya, Kamis (13/4).

Sementara, Darmawan mengatakan PLN telah bertransformasi sejak tiga tahun terakhir dengan melakukan inovasi serta efisiensi dengan menjadikan digitalisasi sebagai pondasinya.

Baca juga : Dukung Transformasi Digital, Prodia Luncurkan Aplikasi Kesehatan Teranyar

PLN melakukan transformasi digital yang mencakup berbagai aspek, mulai dari pembangkitan, transmisi, distribusi, sistem perencanaan, sistem keuangan, sistem pembayaran, sistem pengadaan, hingga ke sistem pelayanan pelanggan.

“PLN menata proses bisnis lewat digitalisasi dari yang semula berserak, terfragmentasi, menjadi terkonsolidasi dan terintegrasi. Dari yang serba manual menjadi terdigitalisasi. Hal ini juga membuat PLN dapat mencetak kinerja perusahaan terbaik," katanya.

Dia mengungkapkan apa yang dilakukannya sebagai pemimpin sebuah perusahaan BUMN hanya sebagai perwakilan Pemerintah yang juga sudah bekerja keras.

Baca juga : Transformasi Digital Pos Indonesia Sudah On The Right Track

“Transformasi yang dilakukan PLN merupakan buah dari arahan dan bimbingan yang diberikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir,” tutur Darmawan.

Dirinya juga menyampaikan bahwa penghargaan ini dipersembahkan bagi seluruh insan PLN yang sudah bekerja keras selama ini untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

”Penghargaan ini salah alamat, seharusnya penghargaan ini diberikan kepada seluruh insan PLN. Penghargaan ini adalah hasil kerja keras dan kerja tim dari seluruh pegawai PLN dalam menjaga pasokan kelistrikan dan meningkatkan layanan kepada masyarakat di seluruh pelosok tanah air,” pungkas Dirut PLN.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.